Pendaftaran Pilwali Kota Malang Dimulai, DPRD Jatim Turun Gunung

Pendaftaran Pilwali Kota Malang Dimulai, DPRD Jatim Turun Gunung

Komisi A DPRD Jatim, saat pantau pengamanan pilkada di Kota Malang--

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur melaksanakan kunjungan kerja (Kunker) ke daerah bahkan ke Polresta Malang Kota, Selasa 27 Agustus 2024.

Kunjungan tersebut bagian dari pemantauan pengamanan tahapan Pilkada. Termasuk kesiapan Polresta Malang Kota mengawal setiap prosesinya.

Ketua Komisi A DPRD Provinsi Jawa Timur, Adam Rusydi, menjelaskan, dalam kunjungan  pihaknya bersama jajaran kepolisian, KPU, dan Bawaslu Kota Malang.

BACA JUGA:Pendaftaran Pilwali Kota Malang Dimulai, 530 Personel Diturunkan

"Tujuan utama kunjungan,  memantau secara langsung kesiapsiagaan Polresta Malang Kota.  Dalam mengamankan tahapan Pilkada, dari proses pendaftaran bakal pasangan calon hingga antisipasi potensi kerawanan," jelas Adam, Selasa 27 Agustus 2024.

Selama rapat, Komisi A DPRD Jatim mengapresiasi Polresta Malang Kota yang sudah mempersiapkan seluruh aspek pengamanan Pilkada. Termasuk pemetaan wilayah rawan kerusuhan maupun bencana.

Adam menilai, pelaksanaan tahapan Pilkada KPU dan Bawaslu di Kota Malang, berjalan efektif. Meskipun masih ada sengketa terkait calon independen.

BACA JUGA:Abah Anton Gandeng Dimyati Maju Pilwali Kota Malang

"Secara garis besar, pelaksanaan Pilkada di Kota Malang sudah sesuai harapan. Semoga proses ini dapat melahirkan pemimpin yang sesuai harapan kita bersama,"  lanjutnya.

Sementara itu,  Wakapolresta Malang Kota, AKBP Adhitya Panji Anom, menegaskan sudah menyiapkan 530 personel, dengan kesiapan sangat matang.

"Kami telah melakukan  tahapan persiapan. Termasuk pelatihan peningkatan kemampuan personel dalam bela diri dan pengendalian massa, serta latihan operasi pengamanan,' terang AKBP Adhitya

BACA JUGA:Polresta Malang Kota, Kirim 2 Truck Bantuan ke Palestina

Hari ini, sebanyak 177 personel telah disiagakan di Kantor KPU Kota Malang mulai 27-29 Agustus 2024. Mengawal proses pendaftaran bakal pasangan calon.

AKBP Adhitya menyampaikan, Polresta Malang Kota telah melaksanakan langkah antisipasi melalui Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota). Dipadukan dengan masukan dari Komisi A DPRD Jatim.

Sumber: