Komisi A DPRD Jatim Dorong KPU Lebih Masif Sosialisasi Pilgub 2024

Komisi A DPRD Jatim Dorong KPU Lebih Masif Sosialisasi Pilgub 2024

Budiono.-Rahmad Hidayat-

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Pelaksanaan Pilkada Jatim menjadi kritik anggota DPRD Jatim. Karena greget pelaksanaan pesta demokrasi di Jatim tersebut belum terasa maksimal. Apalagi menjelang pendaftaran Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim 2024, Komisi A DPRD Jatim membidangi pemerintahan dan hukum meminta KPU Jatim meningkatkan intensitas sosialisasi kepada masyarakat. 

BACA JUGA:Belum Ada Paslon Cagub-Cawagub Ambil Formulir Pendaftaran ke KPU Jatim

“Ini penting agar seluruh lapisan masyarakat lebih siap dan memahami proses pemilihan yang akan berlangsung,” terang Budiono, Senin 26 Agustus 2024.

BACA JUGA:KPU Jatim Sosialisasi 39 Maskot Pilkada di Kota Tua, Sejarah Peradaban, dan Titik Kumpul Masyarakat

Politisi Gerindra, menekankan bahwa keberhasilan penyelenggaraan Pilgub 2024 sangat bergantung pada sejauh mana KPU dan penyelenggara pemilu lainnya mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat, terutama terkait jadwal, prosedur, dan pentingnya partisipasi aktif. 

BACA JUGA:Khofifah-Emil Siap Daftar ke KPU Jatim Usai Hadiri Konsolidasi Nasional Cakada PKS

“Masih banyak masyarakat yang kurang memahami detail proses pemilu, khususnya terkait mekanisme pendaftaran, syarat calon, dan aturan baru yang diterapkan KPU,” ujar Budiono. 

BACA JUGA:Dua Pantarlih Meninggal Dunia, KPU Jatim Serahkan Santunan kepada Ahli Waris

Budiono juga menyoroti pentingnya menjangkau pemilih di daerah terpencil dan mereka yang kurang mendapatkan akses informasi. Ia pun meminta KPU menggunakan berbagai saluran komunikasi, mulai dari media massa, media sosial, hingga sosialisasi langsung ke desa-desa.

BACA JUGA:KPU Jatim Verifikasi Calon PAW Anggota KPU Ngawi

Selain itu, Budiono juga mendorong KPU untuk memperkuat kerja sama dengan pemerintah daerah, organisasi masyarakat, dan lembaga pendidikan dalam menjalankan program sosialisasi. 

BACA JUGA:Tak Mau Apatis Pemilukada, BEM Unipra Temui KPU Jatim

"Kolaborasi dengan berbagai pihak akan mempermudah penyampaian informasi ke masyarakat. Kami harap semua elemen bisa terlibat aktif dalam mengawal Pilgub ini," tambah pria kelahiran Bojonegoro ini.

BACA JUGA:KPU Jatim Meminta Coklit Pilkada Serentak 2024 Berkualitas dan Mutakhir

Sumber: