AHY Dorong Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas)

AHY Dorong Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas)

Menteri AYH.--

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM.CO.ID - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mendorong pemasangan tanda batas dalam Gerakan Masyarakat pemasangan tanda batas (Gemapatas).

Gemapatas merupakan gerakan yang dilakukan masyarakat untuk pemasangan tanda batas (patok tanah) sebagai proses awal untuk memudahkan dalam proses pembuatan sertipikat.

Gerakan ini bertujuan menggerakkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memasang dan menjaga tanda batas tanah yang telah mereka miliki dengan menggunakan patok.

BACA JUGA:Menteri AHY Tekankan Pentingnya Tanah dalam Hal Pembangunan

Selain itu, dengan dipasangnya patok tanda batas tanah oleh masing-masing pemilik tanah, dapat memudahkan petugas ukur Kantor Pertanahan dalam mengukur bidang tanah masyarakat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap.

"Ini gerakan yang kita harapkan masyarakat peduli dan awarnes pada tanah yang kita punya, sehingga diketahui di mana batasnya. Jangan sampai kita punya batas tapi diambil orang lain, patoknya dicek dipelihara agar tidak hilang," ujarnya.

Menteri AHY menyebut, kegiatan ini merupakan upaya mempertegas lahan bidang tanah di masyarakat, sehingga kemudian mempermudah proses pensertipikatannya. 

 

#Kantah ATR/BPN Tulungagung

Sumber: