Mutasi Sejumlah Pejabat Pemprov, Ini Pesan Pj Gubernur Adhy Karyono

Mutasi Sejumlah Pejabat Pemprov, Ini Pesan Pj Gubernur Adhy Karyono

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono melantik sejumlah pejabat eselon II Pemprov Jatim.-Tri Haryoko-

"Kepada bapak/ibu sekalian yang dilantik hari ini, perlu dicatat bahwa dalam rangka meningkatkan kinerja pembangunan dan pelayanan publik, perlu dilakukan terobosan-terobosan dan inovasi yang akhirnya berdampak pada kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

BACA JUGA:Bantu Pemenuhan Hak Anak, Pj Gubernur Beri Award Wings Surya

Khusus kepada Kepala BPKAD yang baru dilantik, Adhy memberikan catatan untuk mencari sumber pendapatan lain di luar APBD. Karena, opsen pajak kendaraan bermotor (PKB) dan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) akan dikembalikan ke kabupaten/kota masing-masing pada 2025. Hal ini berdampak pada turunnya pendapatan asli daerah (PAD) provinsi senilai Rp 4 triliun.

BACA JUGA:Salurkan BLT DBHCHT ke Buruh Pabrik Rokok, Pj Gubernur Adhy: Upaya Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

"Ini yang harus dicari jalan keluarnya. Saya kira selain pajak, sebetulnya kita punya potensi agar PAD kita bisa ditingkatkan lagi. BUMD kita dapat dijadikan alat untuk mencapai itu, tinggal bagaimana kita memanage-nya dengan baik" katanya.

BACA JUGA:Kadinkop UKM Jatim Berpulang, Pj Gubernur Sampaikan Duka

Pesan khusus lainnya ditujukan kepada Kepala Dispora Jatim. Adhy berpesan agar persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 yang akan berlangsung di Aceh-Sumatra Utara segera dimatangkan. Ia ingin ada peningkatan prestasi dibanding PON sebelumnya.

BACA JUGA:Program Bedah Rumah di Kota Batu, Pj Gubernur Jatim Tinjau Lokasi

"Saya berharap hasil PON tahun 2024 bisa lebih baik dari tahun 2023," katanya.

BACA JUGA:Pj Gubernur Jatim Terima Piagam dan Pin Emas dari Kapolri

Selanjutnya untuk bidang ekonomi, Adhy berpesan agar setiap program yang dibuat dapat memiliki dampak yang signifikan pada turunnya kemiskinan ekstrem di Jatim.

BACA JUGA:Pj Gubernur Promosikan Keindahan Wisata Jatim di Welcome Dinner Indonesia-Prancis

"Kinerja pembangunan ekonomi saya kira cukup baik. Kita ingin agar program-program pemberdayaan masyarakat lebih ditingkatkan lagi. Fokus kita adalah pada penurunan kemiskinan ekstrim dan peningkatan layanan kesehatan di masyarakat," ucapnya. 

BACA JUGA:Peringati Hari Anti Narkotika Internasional, Pj Gubernur Ajak Perangi Narkoba dengan Prinsip Kasih Sayang

Selanjutnya untuk bidang pertanian, Adhy juga menyinggung terkait kesiapan Jatim dalam menghadapi kemarau panjang. Kasus kekeringan yang sebelumnya terjadi di beberapa kab/kota, ia berpesan untuk segera dicarikan solusi.

Sumber: