Pj Gubernur Promosikan Keindahan Wisata Jatim di Welcome Dinner Indonesia-Prancis

Pj Gubernur Promosikan Keindahan Wisata Jatim di Welcome Dinner Indonesia-Prancis

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono memberikan sambutan dalam welcome dinner Indonesia-Prancis di Gedung Negara Grahadi.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono memperkenalkan keindahan Pariwisata Jawa Timur melalui tayangan slide video saat Welcome Diner Joint Working Group (JWG) Indonesia-Prancis di Gedung Negara Grahadi, Surabaya. 

Dalam kesempatan ini, Pj Gubernur Adhy mengatakan bahwa Jatim dikenal memiliki keindahan alam. Antara lain, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Kawah Ijen Banyuwangi, sejumlah air terjun dan berbagai pesona wisata alam lainnya. 

"Saya lihat nanti pada akhir kegiatan para delegasi JWG akan diajak berkunjung ke Gunung Bromo. Kami harap ini bukan kunjungan yang terakhir melainkan akan ada kunjungan-kunjungan lainnya mendatang," ujarnya.

"Terima kasih sudah berkegiatan di Jatim dan kehadiran JWG diyakini akan memberi kontribusi bagi perekonomian di Jatim," tambahnya. 

BACA JUGA:Pj Gubernur Jatim Terima Piagam dan Pin Emas dari Kapolri

Dijelaskan Adhy, sektor pariwisata Jatim menunjukkan tren tumbuh dan meningkat. Terbukti, kunjungan wisatawan yang datang ke Jatim terutama mancanegara dari Januari hingga Mei 2024 sebesar 124.030 kunjungan. Jumlah itu meningkat sebesar 62.670 kunjungan dibandingkan pada Januari hingga Mei tahun 2023. 

"Saya mengajak kepada peserta JWG tahun 2024 untuk menyempatkan berkunjung menikmati berbagai keindahan alam Jawa Timur. Saya berharap kunjungan anda selama di Jatim berkesan dan menyenangkan," harapnya.

Selain pariwisata, Adhy menyampaikan realisasi investasi Jatim pada Triwulan I Tahun 2024 meningkat signifikan sebesar 20,7 persen (y-o-y). Secara khusus, investasi Perancis di Jatim mencapai US$ 109,8 juta. 

Jatim, kata Adhy, menjadi Provinsi dengan peserta terbanyak diterima di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) selama 4 tahun berturut-turut pada tahun 2021-2024. 

BACA JUGA:Peringati Hari Anti Narkotika Internasional, Pj Gubernur Ajak Perangi Narkoba dengan Prinsip Kasih Sayang

Selain itu, Jatim juga menjadi provinsi dengan peserta terbanyak diterima di PTN melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2021-2023. 

Lebih lanjut, Pj Gubernur Adhy juga menyatakan bahwa Jatim merupakan lokomotif perekonomian nasional dengan menyumbang sebesar 14,4 persen. Bahkan, PDRB Jatim terbesar kedua se-Pulau Jawa dengan kontribusi sebesar 25 persen dari PDRB Pulau Jawa.

Pj Gubernur Adhy menjelaskan, bahwa pertemuan dengan Dubes Prancis dimanfaatkan untuk membahas terkait pendidikan riset dan inovasi yang dihadiri BRIDA, BRIN, Dirjen Vokasi, dan DIKTI. 

"Besok akan memulai agenda di Unesa, kami ingin menjajaki kerja sama apa yang bisa dilakukan untuk pertemuan ini," jelasnya. 

Sumber: