Pelindo Regional 3 Lampaui Target Kinerja Semester I 2024

Pelindo Regional 3 Lampaui Target Kinerja Semester I 2024

Salah satu kapal pesiar sandar di dermaga Terminal Penumpang Gapura Surya Nusantara, Pelabuhan Tanjung Perak.-Muchlis Darmawan-

SURABAYA, MEMORANDUM - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 Group kembali menorehkan prestasi gemilang dengan membukukan catatan kinerja operasional positif pada semester pertama tahun ini. Kinerja positif ini didorong oleh berbagai faktor, terutama pertumbuhan signifikan pada segmen jasa pelayanan kapal, petikemas, dan penumpang.

BACA JUGA:PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Sukseskan Kongres XXV PWI

Pelindo Regional 3 Group berhasil meningkatkan volume kunjungan kapal dengan ukuran yang lebih besar, yaitu dengan total kunjungan sebesar 202,2 juta GT, sehingga dapat melampaui target RKAP dan tumbuh 109 persen secara tahunan (year on year).

BACA JUGA:Jelang HUT Ke- 79 RI, Pelindo Regional 3 Group Khitan 250 Anak

Dengan adanya kunjungan kapal yang lebih besar sehingga volume bongkar muat petikemas juga meningkat, yaitu sebesar 2,9 juta TEUs, melampaui target Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) sebesar 106 persen dan tumbuh 108 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Dukung HUT Ke-79 RI di IKN, Pelindo Sub Regional 3 Jawa Layani Pengiriman 70 Bus ke Balikpapan

Selain itu, arus penumpang juga mengalami peningkatan yang signifikan mencapai 2,8 juta orang. Angka ini setara dengan 122 persen dari target RKAP dan tumbuh 124 persen secara tahunan (year-on-year). Rinciannya, arus penumpang internasional mencapai 177 ribu orang dan domestik sebanyak 2,7 juta orang.

BACA JUGA:Presiden Resmikan KITB, Pelindo Regional 3 Kebut Pembangunan Pelabuhan Batang

Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3 Karlinda Sari menyatakan, kinerja posistif ini tidak lepas dari kontribusi aktif dari seluruh pihak termasuk stakeholder dan pengguna jasa. 

BACA JUGA:Sambut Pemudik, Pelindo Regional 3 Siapkan 20 Terminal Penumpang

“Kepercayaan dan kolaborasi yang baik menjadi kunci keberhasilan kami dalam meningkatkan kinerja perusahaan," ujar Karlinda, Selasa 13 Agustus 2024.

BACA JUGA:Tahun 2024, Pelindo Regional 3 Targetkan 107 Kapal Pesiar Sandar

Pertumbuhan kinerja ini mendorong peningkatan pendapatan dari berbagai sumber, antara lain pendapatan pelayanan jasa kapal, pelayanan petikemas, pelayanan non-petikemas, dan pengusahaan alat.

BACA JUGA:Peringati Bulan K3 Nasional, Pelindo Regional 3 Kumpulkan 171 Kantong Darah untuk PMI

Sumber: