Dukung HUT Ke-79 RI di IKN, Pelindo Sub Regional 3 Jawa Layani Pengiriman 70 Bus ke Balikpapan

Dukung HUT Ke-79 RI di IKN, Pelindo Sub Regional 3 Jawa Layani Pengiriman 70 Bus ke Balikpapan

Persiapan pemuatan bus ke KM Dharma Ferry VII. -Muchlis Darmawan-

SURABAYA, MEMORANDUM - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo berkomitmen terus memberikan dukungannya guna sukseskan peringatan HUT ke-79 RI di IKN Balikpapan beberapa hari mendatang. 

Melalui bidang usahanya yaitu jasa kepelabuhanan, Pelindo melayani pengiriman transportasi besar berupa bus pariwisata sebagai bentuk dukungan peringatan HUT ke-79 RI di IKN Balikpapan.

BACA JUGA:Presiden Resmikan KITB, Pelindo Regional 3 Kebut Pembangunan Pelabuhan Batang

Ana Adiliya, GM Kalimas dan GSN Pelindo Regional 3 Sub Regional Jawa menyampaikan, melalui Pelabuhan Tanjung Perak yang merupakan salah satu pintu gerbang logistik dan barang, khususnya ke Kawasan Timur Indonesia (KTI). 

Kali ini telah mendapatkan kesempatan untuk menyediakan fasilitas pengiriman transportasi besar guna mendukung kesuksesan pelaksanaan peringatan HUT ke-79 RI di IKN Balikpapan berupa 70 unit bus pariwisata. 

BACA JUGA:Gandeng BNNK Surabaya, Pelindo Wujudkan Lingkungan Kerja Bebas Narkoba

Di mana telah dilakukan pemuatan 59 unit bus oleh KM Dharma Ferry VII milik PT Dharma Lautan Utama (PT DLU), Rabu 7 Agustus 2024. Dan muatan berikutnya sebanyak 11 unit bus pariwisata dan 50 unit truk ekspedisi yang akan dilakukan, Kamis 8 Agustus 2024.

BACA JUGA:Sambut Pemudik, Pelindo Regional 3 Siapkan 20 Terminal Penumpang

“Kami dari sisi terminal sudah menyiapkan fasilitas sandar di Jamrud Utara bagian sebelah barat. Kemudian kami juga menyiapkan ruang kendaraan yang siap dua jam sebelum kapal sandar. Kapal KM Dharma Ferry VII yang rencananya akan memuat 70 unit bus pariwisata tujuan Balikpapan telah sandar pukul 15.00 WIB dan sudah dilakukan proses pemuatan 59 unit bus. Rencananya kapal KM Dharma Ferry VII akan berlabuh pukul 21.00 WIB dan rencananya akan sandar ulang di dermaga Jamrud Utara pada Kamis 8 Agustus 2024 pukul 06.00 WIB dan akan berangkat pada Kamis 8 Agustus 2024 pukul 10.00 WIB dengan memuat kembali sebanyak 11 unit bus pariwisata dan 50 unit truk ekspedisi,” papar Ana, Rabu 7 Agustus 2024.

BACA JUGA:Sambut Kapal Pesiar Seven Seas Mariner, Pelindo Gelar Pameran Batik dan Busana

Upaya Pelindo dalam mengantisipasi pengiriman kendaraan dapat dilakukan dengan cepat dan tidak mengganggu kegiatan operasional. Yaitu dengan mempersiapkan fasilitas tambatan dimana harus dipastikan sudah siap sesuai dengan perencanaan. Memastikan ruang tunggu kendaraan (RTK) siap 2 jam sebelum kapal sandar, dan melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait seperti shipping line, KSOP, tim marines untuk kesiapan pandu dan tunda, dan mitigasi layanan POCC agar keberangkatan tepat waktu sehingga proses operasional berjalan dengan lancar.

BACA JUGA:Tahun 2024, Pelindo Regional 3 Targetkan 107 Kapal Pesiar Sandar

Adapun beberapa persyaratan yang dibutuhkan untuk standar kendaraan bus pariwisata yang akan dikirimkan ke IKN Balikpapan di antaranya adalah lolos ramp check, memiliki dokumen lengkap seperti STNK, syarat uji kelayakan KIR, izin penyelenggara wisata (KPS), dan dipastikan dalam kondisi aktif selama event berlangsung. 

BACA JUGA:Peringati Bulan K3 Nasional, Pelindo Regional 3 Kumpulkan 171 Kantong Darah untuk PMI

Sumber: