Tahun 2024, Pelindo Regional 3 Targetkan 107 Kapal Pesiar Sandar

Tahun 2024, Pelindo Regional 3 Targetkan 107 Kapal Pesiar Sandar

Turis asing penumpang kapal pesiar turun dari kapal.-Muchlis Darmawan-

SURABAYA, MEMORANDUM - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 3 memasang target cukup tinggi dalam rencana kunjungan cruise (kapal pesiar). Pihaknya menargetkan 107 kapal pesiar singgah di wilayahnya pada 2024. Pelindo optimistis target tersebut terpenuhi karena peningkatan layanan dan fasilitas pelabuhan yang sudah dilakukan selama 2023.

BACA JUGA:Awal Tahun 2024, Kapal Pesiar Mulai Kunjungi Tanjung Perak

Karlinda Sari, Senior Manager Hukum dan Humas Pelindo Regional 3 mengatakan, target 107 kapal pesiar dan arus penumpang mencapai 172.750 orang yang ditetapkan tahun ini meningkat tiga kali dibanding dengan target tahun 2023 yang hanya menargetkan 33 kunjungan kapal pesiar.

BACA JUGA:Tahun 2024, Kunjungan Kapal Pesiar di Tanjung Perak Diprediksi Naik 3 Kali Lipat

Sejumlah faktor dinilai bisa mendongkrak kunjungan kapal pesiar secara signifikan di tahun 2024. Di antaranya, peningkatan fasilitas pelabuhan seperti penyediaan mobile and telescopic gangway, hingga layanan handling luggage dan turn around passanger di terminal utama.

BACA JUGA:Tahun 2024, Pelindo Prediksi 52 Kapal Pesiar Sandar di Benoa

“Target ini bukan tanpa alasan. Peningkatan fasilitas dan layanan di terminal yang mengimplementasi dari terminal internasional lain menjadi salah satu nilai tawar yang kami coba berikan kepada cruise yang akan sandar, itu terbukti dengan sudah banyak cruise call yang masuk diawal tahun ini,” ujar Karlinda Sari, Kamis 7 Maret 2024.

BACA JUGA:Tingkatkan Sektor Pariwisata, 15 Kapal Pesiar Siap Sandar di Tanjung Perak

Karlinda menambahkan, pembangunan Bali Maritime Tourism Hub yang sudah memasuki tahap akhir juga menjadi daya tarik tambahan cruise untuk sandar, terlebih awal tahun lalu Pelindo sukses layani turn around 4.000 passanger dan handling luggage di Pelabuhan Benoa Bali. Hal ini ditambah selama 2023 Pelindo juga sukses melayani beragam cruise lines dengan rute Asia Pasific-Australia.

BACA JUGA:6 Kapal Pesiar Siap Sandar di Pelabuhan Tanjung Perak

“Tahun 2023 menjadi salah satu momen terbaik kami ketika berhasil menyandarkan salah satu cruise ukuran jumbo Celebrity Solstice di Pelabuhan Benoa. Selain itu juga kami telah melakukan layanan turn around 4.000 passanger awal tahun ini,” pungkas Karlinda Sari.

BACA JUGA:Antisipasi Corona, Kapal Pesiar MV Columbus Dilarang Sandar di Surabaya

Sebelumnya, selama 2023 Pelindo Regional 3 sukses melayani 146 kunjungan kapal pesiar dari target 33 kunjungan. Selama 2023 tercatat kunjungan kapal pesiar dengan traffic wisatawan sebesar 191.438 orang. (lis)

Sumber: