Rangkul Masyarakat, Penambangan Genjot Pembangunan, BUMDes Kelola 7 Unit Usaha

Rangkul Masyarakat, Penambangan Genjot Pembangunan, BUMDes Kelola 7 Unit Usaha

Projek desa penambangan di mulai tahun 2021 sampai dengan tahun sekarang 2024 sudah mempunyai program percepatan-Biro Sidoarjo-

SIDOARJO, MEMORANDUM-Pembangunan Desa Penambangan, Kecamatan Balongbendo, Sidoarjo mulai tahun 2021 sampai 2024 digenjot. Pembangunan dipercepat untuk mengembangkan pertumbuhan perekonomian dan pemberdayaan masyarakat.

Kepala Desa Penambangan Helmy Firmansyah menjelaskan, sumber daya masyarakat dilakukan pembinaan secara khusus agar pembangunan yang ada di Desa Penambangan bisa dilakukan dan dinikmati oleh masyarakat  

untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. "Beberapa aset kita jaga, kita rawat, dan kita kelola melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Harapan kami masyarakat juga ikut berperan serta dalam menumbuhkan rasa memiliki apa yang menjadi tanggung jawab kita bersama, Salah satunya pembangunan kaitannya dengan perkembangan pertumbuhan ekonomi melalui infrastruktur yang ada di desa, termasuk pasar desa wisata kuliner pujasera," ujarnya kepada Memorandum, Senin 12 Agustus 2024 siang.

BACA JUGA:UMKM Wisata Kota Lama Surabaya Pasang Foto Presiden dan Lambang Negara, Pengunjung: Patut Diacungi Jempol

Icon wisata desa, lanjut kades, di Desa Penambangan berupa alun-alun dan sarana prasarana olahraga. Icon desa sudah dibuat dengan rencana yang baik untuk desa dan masyarakat. Semuanya juga sesuai dengan RPJMDes. "Dan tentunya, kita mengikuti arahan, karena sebagai landasan dasar mewujudkan cita-cita kepemimpinan yang ada di Desa Penambahan," tutur kades.

Ini semua, masih kata kades,  sebagai tolok ukur perekonomian masyarakat. Perkembangannya juga luar biasa. "Kalau kita ukur di wilayah Kecamatan Balongbendo, insyaallah BUMDes kami berjalan dengan pendapatan tertinggi di wilayah Kecamatan Balongbendo," urai kades. 

Dalam hal pengelolaan aset, masih menurut kades, asas manfaatnya dimiliki secara langsung oleh masyarakat. Pemerintah desa  berusaha membangkitkan pertumbuhan ekonomi. "Petugas dan pegawai atau karyawan-karyawati BUMDes adalah warga desa kami. Hasilnya dinikmati masyarakat kami," jlentreh kades.

Sejauh ini, susul kades, yang dikelola BUMDes Penambangan kurang lebih 7 unit usaha. "Titip pesan kepada seluruh masyarakat Desa Penambangan atau di luar Desa Penambangan, saya mohon dan berharap masyarakat mengikuti dan berperan serta dalam hal membangun desa di Penambangan atau desa lainnya. Dengan begitu desa kami dan desa lain di Sidoarjo kian maju," pungkas kades.

BACA JUGA:Ini Tanggapan Paul Munster Tekait VAR di Laga Persebaya Vs PSS

Salah satu warga Desa Penambangan Suwondo mengatakan, pembangunan desanya,  progresnya luar biasa. Mulai 2021 sampai 2024 sudah banyak yang direalisasi pemdes. "Sudah banyak yang dilakukan pak kades.  Saya mengapresiasi pak kades dalam perjalanan selama 4 tahun berjalan ini. Saya sebagai tokoh masyarakat selalu mendukungnya," ujarnya.

Kerjasama antarlembaga, termasuk lembaga BPD, LPM dan lembaga lainnya, susul dia, semuanya berjalan baik dengan pemdes. Lembaga memberikan dukungan apa yang sudah menjadi program-program kepala desa. Sekarang tampak hasilnya, seperti pasar desa. 

Pembangunan gedung kantor desa juga berjalan dan sudah mulai dilaksanakan. "Ini semua berkat Pak Kades. Sebagai tokoh masyarakat, saya mengapresiasi Pak Kades Penambangan. 

secara terbuka pelaporan BUMDes dan kemajuannya juga luar biasa. Termasuk pengelolaan aset. Apalagi nantu BUMDes akan mengembangkan unit-unit baru," jelasnya.

Apa yang sudah dilakukan Pak Kepala Desa, masih menurut dia, semuanya ini demi masyarakat dan demi masa depan anak-cucu kita semua. "Harapan kami kerjasama yang baik dari semua lembaga desa dan perangkat desa serta semua unsur masyarakat ini terus berjalan dan desa kami kian melaju pesat pembangunannya," tandasnya. (ud/jok)

Sumber: