Bus Trans Jatim Koridor IV Resmi Beroperasi, Siap Layani Warga Lamongan

Bus Trans Jatim Koridor IV Resmi Beroperasi, Siap Layani Warga Lamongan

Lounching TransJatim Koridor IV di Alun-Alun Lamongan--

LAMONGAN, MEMORANDUM - Bus Trans Jatim koridor IV yang ditunggu-tunggu masyarakat Jawa Timur khususnya warga Lamongan mulai beroperasi. Pj Gubernur Jawa Timur Adhy Karyono, menyebut armada ini untuk menjawab kebutuhan masyarakat sekaligus menekan angka kecelakaan lalu lintas. 

“Bagaimana menekan angka kecelakaan untuk mengurangi kendaraan bermotor, untuk mengurangi emisi gas buang, untuk menyiapkan culture masyarakat dari tradisional mulai masuk metropolitan ini akan sejalan dengan rencana besar kami dan alhamdulillah 2 Tahun di 2022 akhir bersama-sama mempercepat,” ungkap Pj. Gubernur Andy saat melounching Trans Jatim Koridor IV di Alun-Alun Lamongan, Jumat 9 Agustus 2024.

BACA JUGA:Jam Operasional Bus Trans Jatim Berubah di Hari Pemilu, Catat Jadwalnya

BACA JUGA:Bus Trans Jatim III Diluncurkan, Gratis Hingga Akhir Oktober

Untuk melayani koridor IV telah tersedia 15 bus yang akan beroperasi di rute Terminal Paciran (Lamongan )- Terminal Bunder (Gresik) dan sebaliknya mulai pukul pukul 05.00 - 21.00 WIB dengan 39 halte. 

Selain itu, Adhy membeberkan, tarif perjalanan Trans Jatim hanya Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 2,500 untuk pelajar dan santri. Para pengguna armada ini juga dapat mengetahui secara real time keberadaan bus dengan mengakses aplikasi Trans Jatim Ajaib yang telah terintegrasi dengan moda transportasi lain. 

“Biasanya kami uji coba gratis selama 5 hari, tapi untuk koridor IV kami gratiskan selama 9 hari karena sampai tanggal 17 adalah hari yang harus kita rayakan untuk masyarakat Lamongan-Gresik yang menggunakan terus Jatim koridor IV kita gratiskan,” ujarnya.

BACA JUGA:Bank Jatim Fasilitasi UMKM Terminal dan Pembayaran QRIS Bus Trans Jatim

BACA JUGA:Hore, Pemprov Siapkan 11 Tambahan Armada Bus Trans Jatim

Sementara, Bupati Lamongan Yuhronur Efendi merespon baik kehadiran moda transportasi umum untuk wilayah pantura. Hal ini sejalan dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Lamongan yakni mewujudkan infrastruktur yang handal, berkeadilan, serta berwawasan lingkungan.

Menurut orang nomor satu di Lamongan ini, kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan Trans Jatim tidak hanya membentuk budaya baru masyarakat untuk menggunakan transportasi umum. Tetapi, juga dapat memberikan multiplayer efek bagi perekonomian masyarakat. 

“Adanya Trans Jatim koridor IV ini yang menghubungkan Terminal Bunder Gresik ke Terminal Paciran, dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Lamongan baik itu di sektor pariwisata, sektor-sektor UMKM, maupun sektor-sektor yang lainnya,” harap Pak Yes. 

BACA JUGA:Halte Bus TransJatim di Gresik Bertambah

Pada Kesempatan Yang sama Pj Gubernur Jawa Tinmur Adhy Karyono juga melancing Bus Trans Jatim Luxury yang beroperasi di Koridor I (Surabaya Raya) yakni Sidoarjo-Surabaya-Gresik dengan tarif Rp 20.000.

Sumber: