Kapasitas Besar Jadi Alasan PSSI Kembali Tunjuk SUGBK Jadi Kandang Timnas

Kapasitas Besar Jadi Alasan PSSI Kembali Tunjuk SUGBK Jadi Kandang Timnas

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga--

JAKARTA, MEMORANDUM - Ronde 3 Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan dimulai pada awal September. PSSI yang sebelumnya akan menggunakan Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya untuk menghadapi Australia pada 10 September 2026 tampaknya mulai berubah pikiran. 

PSSI saat ini membuka peluang besar untuk timnas Indonesia berkandang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Sampai saat ini, PSSI terus berkomunikasi dengan intens dengan pihak pengelolaan SUGBK agar rumput stadion siap pada pertandingan September nanti. 

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga mengatakan bahwa saat ini PSSI terus melakukan koordinasi yang intens dengan pihak SUGBK.

"Memang saat ini kami intens banget koordinasi dengan SUGBK, dan kita lihat peluang SUGBK untuk dipakai sebagai kandang ronde ketiga melawan Australia tanggal 10 September mendatang. Kami sudah mengajukannya ke AFC terkait ini," kata Arya Sinulingga dikutip laman resmi PSSI. 

BACA JUGA:Juara Asean U-19 Boys Championship, Kapten Timnas: Jadi Pelajaran untuk Lebih Kompak dan Solid

Arya menuturkan bahwa PSSI sudah malakukan kunjungan ke stadion bersejarah tersebut. Dan sampai saat ini pihak oengelola masih mencari rumput agar dengan cepat bisa digunakan. 

"Kami sudah melakukan kunjungan ke SUGBK dan mereka masih progres rumputnya. Pihak SUGBK memberi info akan mencari rumput tertentu agar bisa dipakai secepatnya dan memperbaiki rumput yang ada, sehingga bisa dipakai nanti," ujarnya. 

Yang menjadi perubahan kandang dr GBT ke SUGBK kata Arya, bahwa PSSI memilih SUGBK sebagai laga kandang menghadapi Australia salah satunya karena kapasitas tribun SUGBK yang besar.

"Karena di SUGBK bisa menampung penonton hingga 65-75 ribu. Jadi kami berharap suporter banyak datang ke SUBGK untuk memberikan dukungan langsung ke timnas Indonesia," paparnya. 

BACA JUGA:Inilah Lokasi Timnas U-20 Lakukan TC Persiapan Kualifikasi AFC

Pada ajang Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 ronde ketiga zona Asia, Indonesia berada di grup neraka bersama Jepang, Arab Saudi, Australia, Bahrain, dan Tiongkok. Laga perdana Skuad Garuda akan melawan Arab Saudi pada 5 September mendatang di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah.(rid)

Sumber: