Sahabat Samapta Wujudkan Kamtibmas Lebih Dekat

Sahabat Samapta Wujudkan Kamtibmas Lebih Dekat

Apel Sahabat Samapta di perumahan Kahuripan Nirwana Village, Sidoarjo.-Biro Sidoarjo-

SIDOARJO, MEMORANDUM - Inovasi dalam mewujudkan kondusifitas kamtibmas kembali terealisasi di wilayah hukum Polresta Sidoarjo, melalui program yang digagas Satuan Samapta dengan sebutan Sahabat Samapta.

Dengan melibatkan kelompok-kelompok masyarakat, diharapkan Sahabat Samapta hadir lebih dekat di tengah masyarakat. Program ini pun digadang dapat mendukung rasa aman dan nyaman masyarakat, dalam menyambut Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

Upaya preventif yang dilakukan Sahabat Samapta ini dapat dilakukan dengan menggiatkan patroli kamtibmas di wilayah obyek vital, keberadaan polisi bersama kelompok masyarakat di wilayah kota smapai pedesaan secara aktif memberikan edukasi kamtibmas, termasuk pencegahan  deteksi potensi gangguan kamtibmas.

Disampaikan Kasat Samapta Polresta Sidoarjo Kompol Warih Hutomo usai memimpin Apel Sahabat Samapta di perumahan Kahuripan Nirwana Village, Senin (5/8/2024), Sahabat Samapta yang di dalamnya Polisi bersama stakeholder terkait, kelompok masyarakat, keamanan obyek vital, perumahan sampai di tingkat RT/RW, mengajak untuk bergerak bersama dalam melakukan upaya preventif mewujudkan kondusifitas kamtibmas. 

BACA JUGA:Satreskrim Polresta Sidoarjo Bekuk Buron Penipuan Jemaah Umrah dan Haji

"Sahabat Samapta hadir langsung lebih dekat, layaknya sahabat bagi masyarakat dalam terwujudnya wilayah yang aman dan nyaman. Terutama mendekati pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024," ujarnya.

Keterlibatan kelompok masyarakat di dalam program Sahabat Samapta dirasa sangat baik sebagai terobosan yang dilakukan pihak kepolisian dalam mewujudkan kondusifitas kamtibmas. Seperti diutarakan Pimpinan Keamanan Perumahan Kahuripan Nirwana Arifin, bersama anggota keamanan di wilayahnya mengaku senang dijadikan pilot project program Sahabat Samapta.

"Sudah sepatutnya semua pihak, tidak hanya kepolisian saja yang menjaga keamanan wilayah kita. Sahabat Samapta ini merupakan wujud nyata yang ditanamkan Polresta Sidoarjo untuk menggandeng kelompok-kelompok masyarakat guna bergerak nyata mewujudkan rasa aman dan nyaman di wilayah masing-masing," urainya.(im/jok)

Sumber: