Posyandu di Desa Kutorenon Berikan Pelayanan Kesehatan, Kesadaran Orang Tua Kunci Pertumbuhan Sehat Balita

Posyandu di Desa Kutorenon Berikan Pelayanan Kesehatan, Kesadaran Orang Tua Kunci Pertumbuhan Sehat Balita

Satupik Ketua Posyandu Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang--

LUMAJANG, MEMORANDUM - Ketua Posyandu Cicili Desa Kutorenon Satupik, menyampaikan harapannya agar kesadaran orang tua mengenai pentingnya pemberian vitamin A dan obat cacing bagi anak-anak mereka terus meningkat. Kesadaran tersebut dianggap krusial untuk memastikan pertumbuhan dan perkembangan balita yang optimal.

"Alhamdulillah, tingkat kehadiran saat kegiatan posyandu untuk balita mencapai 26 anak, remaja 4 orang, dan lansia 8 orang. Namun, ada 5 balita yang tidak bisa hadir sehingga kader posyandu melakukan sweeping dengan memberikan vitamin A dan obat cacing di rumah mereka," ujar Satupik saat dimintai keterangan di sela kegiatan posyandu di Desa Kutorenon Kecamatan Kutorenon Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Sabtu 3 Agustus 2024.

BACA JUGA:Puskesmas Sumbersari Gandeng Posyandu, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Gelar Fogging Cegah Penyebaran DBD

BACA JUGA:Bhabinkamtibmas Kelurahan Genteng Sambang ke Posyandu Cempaka

Satupik juga menyampaikan, bahwa pemberian vitamin A dan obat cacing memiliki manfaat penting bagi kesehatan balita. Vitamin A membantu dalam fungsi penglihatan, pertumbuhan, dan peningkatan daya tahan tubuh. Sementara itu, obat cacing diberikan untuk mencegah cacingan yang dapat menghambat pertumbuhan anak.

Dengan adanya program posyandu yang berkelanjutan, Satupik berharap orang tua semakin memahami betapa pentingnya pemberian vitamin A dan obat cacing bagi anak-anak mereka. Kesadaran ini diharapkan tidak hanya meningkat pada waktu kegiatan posyandu, tetapi juga menjadi bagian dari rutinitas kesehatan keluarga.

"Kami berharap dengan pemberian vitamin A secara rutin, balita di Desa Kutorenon, khususnya di Posyandu Cicilia, akan memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang baik serta daya tahan tubuh yang meningkat. Kesadaran orang tua tentang pentingnya pemberian vitamin A dan obat cacing bagi anak-anak mereka harus terus ditingkatkan," harapnya.

BACA JUGA:TNI, Bidan Desa, dan Kader Gelar Posyandu di Penambangan Balongbendo

BACA JUGA:Babinsa Klanting Dorong Partisipasi Warga dalam Pemanfaatan Posyandu

Ia menambahkan, bahwa kegiatan posyandu merupakan bagian dari komitmen Desa Kutorenon dalam mendukung kesehatan dan kesejahteraan anak-anak. Posyandu Cicilia terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan yang optimal untuk memastikan balita di desa tersebut tumbuh sehat dan kuat.

Dengan program posyandu yang menyeluruh, Desa Kutorenon berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan menciptakan generasi yang sehat dan cerdas. ( Ags )

Sumber: