Puskesmas Sumbersari Gandeng Posyandu, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Gelar Fogging Cegah Penyebaran DBD

Puskesmas Sumbersari Gandeng Posyandu, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Gelar Fogging Cegah Penyebaran DBD

Petugas gabungan fogging di rumah warga-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Musim hujan yang melanda Kabupaten Jember membawa potensi meningkatnya kasus demam berdarah dengue (DBD). Untuk mengatasinya, Petugas Puskesmas Sumbersari bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan Kader Posyandu melakukan fogging di Lingkungan Plindu, Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Sumbersari pada Kamis 13 Juni 2024.

Kegiatan fogging ini bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran nyamuk Aedes Aegypti, pembawa virus DBD. Selain fogging, petugas juga memberikan edukasi kepada warga tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan menguras bak air secara rutin untuk mencegah berkembangnya jentik nyamuk.

Danramil 0824/11 Sumbersari Kapten Inf Bambang Hari Murdianto mengungkapkan, "Pelibatan Babinsa dalam kegiatan fogging ini merupakan bagian dari upaya pencegahan DBD. Cara yang paling efektif adalah dengan mengajak warga untuk lebih rajin memelihara kebersihan lingkungan dan menguras bak air di rumah mereka." Kata Kapten Inf Bambang Hari Murdianto.

Sementara ditempat terpisah Dandim 0824/Jember Letkol Inf Rahmat Cahyo Dinarso mengapresiasi kegiatan ini. "Selain melindungi warga dari penyakit berbahaya, ini juga merupakan bagian dari membantu pemerintah dalam mengendalikan penyakit DBD," tegasnya.

BACA JUGA:GMNI Jember Apresiasi Kinerja Polsek Sumbersari

Fogging dan edukasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya DBD dan mendorong mereka untuk lebih proaktif dalam menjaga kebersihan lingkungan. Sinergi antara petugas kesehatan, aparat keamanan, dan masyarakat merupakan kunci dalam memerangi DBD.(edy)

Sumber: