Gol Tunggal Buffon Bawa Indonesia Melaju ke Final AFF U-19

Gol Tunggal Buffon Bawa Indonesia Melaju ke Final AFF U-19

M Mufli Hidayat berusaha merebut bola dari penguasaan Pavithran Gunalan.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Disaksikan 18.127 penonton, Indonesia berhasil melaju ke final Asean U-19 Boys Championship 2024 usai menang tipis 1-0 atas Malaysia. Gol tunggal Muhammad Alfharezzi Buffon menit ke-78 membawa Garuda Muda melangkah ke partai puncak untuk menghadapi Thailand. 

Dibabak pertama, kedua tim bermain imbang. Tak banyak peluang yang bida kedua tim ciptakan. 

BACA JUGA:Duel Gengsi Antar-Negara Indonesia U-19 vs Malaysia U-19 Masih Imbang 0-0

Dibabak kedua, Pelatih Indra Sjafri melakukan perubahan, M Riski Afrisal dan Arlyansyah Abdulmanan masuk menggantikan Figo Dennis dan Arkhan Kaka. 

Awal babak kedua, Malaysia langsung mrnekan pertahanan timnas. Peluang pertama didapatkan pada menit ke-49 nelalui kaki M Naim. Tendangan jarak jauhnya yang menemui target berhasil ditangkap sempurna oleh Ikram Algiffari. 

Malaysia kembali mendapatkan peluang pada menit ke-53, kali ini melalui tandukan Pavithran Gunalan yang menerima umpan depak pojok Danish Hakimi. Sayang tandukannya masih sedikit melabar di kanan gawang. 

BACA JUGA:Indonesia vs Malaysia di Asean U-19 Boys Championship 2024, Pertandingan Syarat Gengsi

Dua menit berselang giliran Indonesia mendapatkan peluang, kali ini melalui pemain pengganti M Riski Afrisal. Solo runnya disisi kiri diakhiri tendangan keras yang masih bisa diantisipasi kiper Muhammad Haziq Aiman. 

Indonesia mendapatkan peluang emas pada menit ke-64, Abdulmanan yang mrlakukan pergerakan bagus di kotak penalti memberikan umpan ketengah yang disambut tendangan Dony Tri, sayang tendang kapten timnas masih bisa diblok pemain belakang dan menghasilkan sepak pojok. 

Menit ke-69, Garuda Muda kembali mendapatkan peluang, umoan terobosan ke Jens Raven berhasil dikontrol dengan baik. Lalu Raven nelkaukan penetrasi dan memberikan umpan ketengah ke Welber Jardim yang berada diposiai kosong. Selanjutnya Welber melesahkan tendangan yang masih melambung ke atas gawang. 

BACA JUGA:Asean U-19 Boys Championship 2024, M Kafiatur Jadi Aktor Kemenangan Timnas 2-0 atas Kamboja

Walber Jardim kembali membuang-buang peluang menit ke-75. Mendapatkan umpan manis dari Raven, tendangannya kembali melambung sedikit diatas gawang. 

Semenit berselang giliran Toni Firmansyah yang belum mampu memaafkan peluang. Tendangan didepan gawangnya juga sedikit diatas gawang yang dikawal M Haziq Aiman. 

Pada menit ke-78, sorak sorai 18.127 penonton di Stadion Gelora Bung Tomo tak terbendung usai timnas Indonesia berhasil mencetak gol. Berawal umpan silang Welber Jardim disisi kiri ditanduk oleh M Alfharezzi Buffon. Bola liar ditendang oleh Iqbal dan diblok pemain Malaysia. 

Sumber: