Kalahkan Australia, Indonesia Sapu Bersih Kemenangan di AVC U-20 2024

Kalahkan Australia, Indonesia Sapu Bersih Kemenangan di AVC U-20 2024

Indonesia berhasil menang 3-1 atas Australia di ajang AVC U-20 2024 di DBL Arena, Surabaya.-Farid Al Jufri-

SURABAYA, MEMORANDUM – Disaksikan langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) Komjenpol (Purn) Imam Sudjarwo, didampingi Kombespol Dirmanto, Ketua Harian Pengurus Provinsi (Pengprov) PBVSI Jawa Timur, Indonesia berhasil menghajar Australia dengan skor 3-1 dalam Asian Voleyball Championship  (AVC) U-20 2024 di DBL Arena Surabaya, Kamis 26 Juli 2024 malam. 

Sempat kalah di set pertama, Indonesia berhasil menang di 3 set selanjutnya. Dengan kemenangan tersebut, Indonesia berhasil menyapu bersih kemenangan di Pul A udai sebelumnya mengalahkan Hongkong dan Arab Saudi. 

Ketua Harian Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Jawa Timur, Kombespol Dirmanto mengatakan Indonesia U-20 sebelumnya memetik dua kemenangan atas Hong Kong dan Arab Saudi. 

“Mereka memang sudah lolos ke babak delapan besar tapi Merah Putih berharap bisa meneruskan tren positifnya melawan Australia,” ungkap Kombes Dirmanto, Jumat 26 Juli 2024.

BACA JUGA:Kapolda Jatim Hadiri Pembukaan AVC Men's U-20 2024 di Surabaya

Ketua Harian Pengprov PBVSI Jawa Timur yang juga Kabidhumas Polda Jatim ini mengakui Australia membuka set pertama dengan apik. 

“Mereka bisa terus memimpin meski Indonesia bisa mengejar perolehan poin lawan dengan ketat, dari 3-2, hingga 10-8,” ujarnya. 

Namun setelah itu Australia bisa unggul 16-11. Indonesia sempat menyamakan skor menjadi 16-16 tapi akhirnya Merah Putih kalah tipis dengan skor 25-23 di set pertama ini.

Di set kedua lanjut Kombes Dirmanto, Australia U-20 dan Indonesia U-20 berduel dengan sengit. Merah putih sempat memimpin 4-5 dan 6-9.

BACA JUGA:Kejurnas Voli Antarklub U-17, Buta Kekuatan Lawan, Jatim juga Persiapkan untuk Jangka Panjang

“Setelah itu Indonesia bisa menemukan momentum untuk menjauh dari kejaran Australia. Mereka unggul 7-12 dan 8-16,” tuturnya. 

Sementara itu Australia sempat bangkit dan mengejar hingga skor menjadi selisih empat poin saja yakni 16-20. 

Namun Indonesia akhirnya bisa mengamankan kemenangan di set kedua dengan skor 21-25

Di set ketiga, Timnas voli putra Indonesia U-20 mencoba tancap gas lagi. Namun Australia lagi-lagi memberikan perlawanan sengit dan skor berimbang 4-4.

Sumber: