Pabrik Rak Piring di Kedinding Kenjeran Terbakar, 9 Orang Terluka

Pabrik Rak Piring di Kedinding Kenjeran Terbakar, 9  Orang Terluka

Petugas melaksanakan proses pemadaman api di pabrik produksi rak piring di Jalan Kedinding Tengah Jaya IV, Tanah Kali Kedinding, Kenjeran. --

SURABAYA, MEMORANDUM - Sebuah pabrik produksi rak piring di Jalan Kedinding Tengah Jaya IV, Tanah Kali Kedinding, Kenjeran, terbakar pada Minggu 21 Juli 2024. Kebakaran home industri dua lantai ini menyebabkan 4 orang harus dirujuk ke rumah sakit dan 5 orang mendapatkan penanganan tim medis di tempat. 

Identitas korban yakni Samsul Hudam (55) mengalami luka bakar 6 persen di bagian badan dan kepala; Muhim (35) luka bakar 6 persen badan sampai kepala. Keduannya dirujuk ke RS Soewandhie, Surabaya, untuk mendapat perawatan.  Sementara dua orang korban lainnya dibawa ke RSUD dr Soetomo yakni Khoirul (33) dan Fauzi (32). 

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Surabaya, Laksita Rini Sevriani mengatakan, dugaan sementara penyebab kebakaran berasal dari kebocoran gas di oven produksi. 

"Kebakaran ini terjadi di sebuah bangunan home industri dua lantai . Yang terbakar 8 x 10 meter, " kata Rini. 

BACA JUGA:Ini Penyebab Kebakaran Hebat Pabrik Spons di Driyorejo, Gresik

Untuk menjinakkan kobaran api, sebanyak 10 unit tim damkar diterjunkan ke lokasi untuk melakukan pemadaman.

"Api pokok padam sekitar pukul 10.26 WIB. Pembasahan selesai dan dinyatakan kondusif sekitar pukul 11.16 WIB," jelasnya.

Sementara Kanitreskrim Polsek Kenjeran Iptu M Fauzi mengungkapkan, dua korban luka bakar ringan dibawa ke RS Soewandhie sementara dua lainnya di rujuk ke RSUD Soetomo karena menderita luka bakar cukup parah. Kebakaran pabrik rak piring ini masih dalam proses penyelidikan kepolisian.

"Empat korban luka bakar sudah dievakuasi. Mengenai penyebabnya masih kami dalami dan Tim Inafis sudah berada di lokasi untuk menyelidiki penyebabnya," terangnya.

BACA JUGA:Kebakaran di Jember, Kakek Jumaari Tewas Terjebak Kobaran Api di Kamar

Peristiwa membara ini dilaporkan sekitar pukul 10.00. Sejumlah petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Surabaya menuju ke lokasi. Saat petugas tiba, kondisi api sudah membesar dan telah membakar bagian lantai II pabrik.

"Proses pemadaman dan pembasahan di lokasi hingga pukul 11.26," kata Kabid Pemadam DPKP Surabaya Wasis Sutikno.

Ia mengungkapkan, api dengan cepat menyebar ke dua lantai pabrik karena banyaknya benda mudah terbakar. 

"Lantai 1 digunakan sebagai tempat produksi dan lantai 2 digunakan tempat bahan serta penyimpanan kardus, " jelasnya. 

Sumber: