Warga Binaan Lapas Malang Jalani MPLS

Warga Binaan Lapas Malang Jalani MPLS

Proses persiapan MPLS warga binaan Lapas Malang -Biro Malang-

MALANG, MEMORANDUM - Kegiatan Pendidikan Setara Dasar (KPSD) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Malang melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Diikuti 57 warga binaan, yang telah terdaftar sebagai siswa baru pendidikan kesetaraan kejar paket A, B, dan C.

Kegiatan MPLS, bagian dari persiapan menyongsong tahun ajaran baru 2024/2025. Untuk memperkenalkan lingkungan sekolah. Serta mempersiapkan siswa baru, menghadapi proses belajar mengajar di dalam Lapas.

Peserta diperkenalkan tata tertib, fasilitas pendidikan, serta berbagai program dan kegiatan yang akan mereka jalani selama menempuh pendidikan di Lapas Malang.

"Pendidikan adalah hak setiap individu, termasuk warga binaan. Melalui program pendidikan kesetaraan ini, diharapkan dapat memberikan kesempatan untuk belajar dan berkembang. Sehingga  dapat berkontribusi positif ketika kembali ke masyarakat," terang Kalapas, Ketut Akbar Herry Achjar, Kamis 18 Juli 2024.

BACA JUGA:Kalapas Malang: Pekan Olahraga Hari Bakti, Rivalitas Bangun Solidaritas

Ia menambahkan, ada 4 siswa  mengikuti pendidikan kesetaraan paket A, 23 siswa paket B, dan 30 siswa paket C.  Totalnya, tercatat 57 siswa baru. Jumlah tersebut,  meningkat dari jumlah tahun lalu, yang kurang dari 40 siswa.

Pendidikan kesetaraan ini, memberikan kesempatan kepada warga binaan . Untuk memperoleh pendidikan, setara dengan pendidikan formal di luar Lapas. Sehingga, dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan bermanfaat untuk bekal masa depannya.

"Pendidikan hak setiap individu, termasuk warga binaan. Melalui program pendidikan kesetaraan,  dapat memberikan kesempatan untuk belajar dan berkembang. Sehingga, dapat berkontribusi positif ketika kembali ke masyarakat," lanjut Kepala Lapas.

Selama MPLS, warga binaan mengikuti berbagai kegiatan. Mulai pengenalan lingkungan sekolah, sosialisasi tata tertib, serta berbagai sesi motivasi dan inspirasi untuk meningkatkan semangat belajar mereka.

BACA JUGA:9 Bulan 8 Lemparan Narkoba, Lapas Malang Tambah 4 CCTV Baru

Rencananya, kegiatan belajar mengajar efektif dilakukan mulai 22 Juli 2024. Pembina KPSD Lapas, Malang akan merampungkan persyaratan administrasi data siswa, untuk segera diserahkan ke Dinas Pendidikan. (edr)

Sumber: