Dongkrak Sport Tourism, Wisata Mancing Disbudpar Jatim Dibanjiri Peserta

Dongkrak Sport Tourism, Wisata Mancing Disbudpar Jatim Dibanjiri Peserta

Kabid Pemasaran dan Kelembagaan Parekraf Disbudpar Jatim Ali Afandi (kiri) menunjukkan ikan lele ukuran jumbo yang berhasil dipancing dilatarbelakangi peserta wisata mancing.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Sejumlah terobosan terus digeber oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Jawa Timur guna mendongkrak kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara ke provinsi di ujung timur Pulau Jawa ini.

Terbaru, Disbudpar Jatim menyelenggarakan wisata mancing yang diisi dengan lomba mancing ikan lele di Kolam Pancing Tanggul Rejo, Sidoarjo. Sedikitnya ada 200 angler (mancing mania) hadir meramaikan lomba berhadiah uang jutaan tersebut.

Dijelaskan oleh Kepala Bidang Pemasaran dan Kelembagaan Parekraft Disbudpar Jatim Ali Afandi, kegiatan ini juga merupakan sinergitas Disbudpar dan DPRD Jatim. Untuk pesertanya datang dari berbagai komunitas pancing di seluruh Jatim.

Lomba mancing kali ini mengadu peserta untuk memancing ikan lele terberat setelah dilakukan penimbangan. Hasilnya, tak sedikit peserta yang berhasil memancing lele yang bobotnya diatas 5 kilogram.

BACA JUGA:Ini Apresiasi Disbudpar Jatim pada Driver Ojol Perempuan di Hari Kartini

"Kebetulan lomba mancing ini sudah kali kedua kami selenggarakan. Sebelumnya pernah di Gresik. Untuk sekarang di Sidoarjo sebanyak 200 orang peserta yang diundang dari berbagai komunitas pancing,” tutur Ali Afandi.

Sedangkan total hadiah yang diperebutkan mencapai puluhan juta. Juara pertama menerima hadiah uang sebesar Rp 7,5 juta. “Hadiahnya cukup menghibur bagi para peminat mancing. Total ada 25 kategori hadiah yang telah kami siapkan," cetusnya.

Pihaknya berharap gelar wisata mancing dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap bahari dan olahraga, khususnya mancing. Kebetulan di Jatim, peminat mancing sangat luar biasa. “Harapan itu didukung pula oleh stakeholder yang ada, misalnya pemilik kolam pancing,” ucapnya.

Mancing ini, lanjutnya, bisa sebagai sarana olahraga dan refreshing. Bisa jadi bagian dari sport tourism. Salah satunya adalah menarik minat wisatawan untuk mengikuti lomba mancing.

BACA JUGA:Kadisbudpar Jatim Sebut Memorabilia Intimate Dinner Event Berkharisma

Dimana wisawatan nusantara di Jatim ini mendapat target dari Kementerian Wisata dan Ekonomi Kreatif tertinggi di Indonesia. “Jatim mendapat target pergerakan wisatawan Nusantara sebesar 324,8 juta,” tandasnya.

Aan, salah satu peserta lomba mancing mengaku senang bisa mengikuti Gelar Wisata Mancing Disbudpar Jatim. Selain dia hobi mancing, kegiatan ini bisa menjadi sarana hiburan di tengah kesibukannya beraktivitas.

“Saya sudah tiga kali juara lomba mancing seperti ini. Karena itu, saya tertarik ikut lomba disini. Siapa tahu dapat juara lagi," ujarnya. (yok)

Sumber: