Kamu Memelihara Kucing? Intip Barang Wajib yang Harus Selalu Ada di Rumah

Kamu Memelihara Kucing? Intip Barang Wajib yang Harus Selalu Ada di Rumah

bagi pemula, merawat kucing bisa menjadi hal yang menantang. --Unsplash

MEMORANDUM - Kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang paling digemari oleh masyarakat. Memiliki berbagai jenis yang dapat dilihat dari bulunya, bentuk wajah, dan lain-lain.

Akan tetapi, salah satu hal penting dalam memilihara kucing adalah harus paham mengenai perawatan mereka, terutama jika kucing tersebut memiliki penyakit khusus yang harus benar-benar diperhatikan pola hidupnya.

BACA JUGA:Bahaya Bulu Kucing: Mitos vs Fakta yang Perlu Anda Ketahui

BACA JUGA:Bahaya Nasi pada Tubuh Kucing, Mitos atau Fakta?

Berikut ini adalah barang yang harus kamu siapkan di rumah jika kamu ingin kucingmu selalu hidup sehat dan tidak stress: 

1. Stok makanan 

Setidaknya kamu memiliki stok makanan kucing kamu selama 2 bulan, karena ditakutkan ketika sedang habis, kamu akan kesulitan mencari. Karena kucing sendiri makanannya tidak dapat berubah langsung secara drastis, beberapa kucing memiliki lambung yang sensitif.

2. Pasir 

Jika kamu masih belum sempat melakukan toilet training kepada kucing kamu, kamu wajib memiliki pasir khusus untuk kucing agar kucing kamu paham dan tidak buang kotoran secara sembarang tempat. Tetapi carilah pasir yang kualitasnya bagus, karena beberapa pasir memiliki debu yang cukup tebal dan dapat mengganggu pernafasan kucing. 

BACA JUGA:Nutrisi Alami untuk Teman Berbulu Anda, Simak Manfaat Air Rebusan Ayam bagi Kucing

3. Obat Cacing

Kucing sangat rentan terkena penyakit cacingan, terutama bila kucing kamu sering bertemu dengan kucing liar yang mungkin datang ke rumah hanya untuk meminta makan. Sehingga perlu kamu menyiapkan beberapa obat cacing untuk beberapa bulan ke depan. Umumnya bisa diberikan selama 3 atau 4 bulan sekali mengonsumsi obat cacing pada kucing. 

4. Sabun khusus kucing

Banyak yang memelihara kucing yang kesulitan untuk mendaftarkan grooming, terutama masalah waktu dan lokasi. Tidak semua daerah memiliki pet shop atau vet, sehingga sebagai pemelihara, sebaiknya menyiapkan sabun khusus kucing agar kamu bisa memandikannya sendiri di rumah. 

Sumber: