Gol Kontroversial Buat Tuan Rumah Amerika Serikat Tersingkir dari Copa America

Gol Kontroversial Buat Tuan Rumah Amerika Serikat Tersingkir dari Copa America

Uruguay mengalahkan Amerika Serikat 1-0.-IG tim Uruguay.-

MEMORANDUM-Tuan rumah Amerika Serikat tersingkir dari ajang Copa America 2024. Di laga terakhir, Selasa 2 Juli 2024, Amerika kalah 1-0 dari Uruguay di laga yang berlangsung di  Stadion Arrowhead itu. Gol kontroversial dari Mathias Olivera di menit ke-66 membuyarkan asa Paman Sam lolos ke fase berikutnya. Ini menjadi kegagalan pertama Amerika sejak ikut serta di Copa America.

Di laga lain, Panama mendampingi Uruguay ke babak perempat final setelah menang 3-1 atas Panama.  Meski kalah, pelatih Gregg Berhalter mengatakan dia yakin dia masih orang yang tepat untuk memimpin tim sepak bola nasional putra Amerika Serikat, meski tersingkir dari Copa America 2024. 

Direktur olahraga Federasi Sepak Bola AS Matt Crocker mengatakan dalam sebuah pernyataan setelah pertandingan bahwa peninjauan akan dilakukan terhadap keluarnya tim.

BACA JUGA:Profil dan Jejak Karir AKBP Arief Kurniawan yang Jabat Kapolres Gresik

Ditanya dalam konferensi pers pasca pertandingan apakah dia masih orang yang tepat untuk memimpin tim AS ke Piala Dunia 2026, Berhalter menjawab dengan sederhana “ya”.

Namun, diakuinya performanya belum cukup baik. “Hanya melihat wajah para pemain di ruang ganti dan melihat emosi para staf dan pemain, kami sangat kecewa dengan hasilnya,” katanya seperti dilansir ESPN. 

“Kami tahu kami mampu melakukan lebih, dan di turnamen ini, kami tidak menunjukkannya. Sesederhana itu,” imbuhnya.

“Anda melihat panggung yang ditetapkan oleh para penggemar di turnamen ini, dengan tingginya tingkat persaingan di turnamen ini, dan kami seharusnya bisa melakukannya dengan lebih baik. Kami akan melakukan peninjauan dan mencari tahu apa yang salah dan mengapa hal itu salah,” jelasnya.

Ketika ditanya apakah dia harus memimpin peninjauan atas kegagalan turnamen tersebut, Berhalter berkata, "Itu bukan terserah saya."

BACA JUGA:Berawal dari Hobi Koleksi Uang Kuno, Otie Membuka Toko Khusus Numismatik

Crocker akan memimpin keputusan apakah akan mempertahankan Berhalter.

“Penampilan turnamen kami jauh dari ekspektasi kami. Kami harus berbuat lebih baik,” kata Crocker dalam pernyataan menyusul kekalahan tersebut. “Kami akan melakukan tinjauan komprehensif terhadap kinerja kami di Copa America dan cara terbaik untuk meningkatkan tim serta hasil-hasilnya menjelang Piala Dunia 2026,” paparnya.

BACA JUGA:Catut Nama Kajari, OTK Tipu Direktur RSUD di Lamongan Rp 20 Juta

Uruguay mencetak gol kemenangan pada menit ke-66 melalui gol kontroversial Mathías Olivera. Ronald Araújo menyundul tendangan bebas yang diselamatkan oleh Matt Turner, yang menjadi starter melawan Uruguay setelah meninggalkan pertandingan Kamis karena cedera kaki.

Sumber: