Dikuti 11 Negara ASEAN, Menpora Target Indonesia Juara Umum AUG XXI 2024

Dikuti 11 Negara ASEAN, Menpora Target Indonesia Juara Umum AUG XXI 2024

Pembukaan ASEAN University Games XXI 2024 di International Basketball Arena, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Kampus 2 Lidah Wetan, Surabaya. --

SURABAYA, MEMORANDUM - ASEAN University Games (AUG) XXI 2024 resmi dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI, Ario Bimo Nandito Ariotedjo pada Selasa, 25 Juni 2024 malam di International Basketball Arena, Universitas Negeri Surabaya (UNESA) Kampus 2 Lidah Wetan, Surabaya. 

Atlet, pelatih atau official dari 11 negara anggota ASEAN tampak hadir memenuhi tribun. Mereka siap rebut medali dalam pekan olahraga mahasiswa tingkat Asia Tenggara yang berlangsung hingga 6 Juli 2024 di sejumlah venue Surabaya dan Malang. 

AUG XXI 2024 mempertandingkan 21 cabor yang dilaksanakan di sembilan perguruan tinggi di Surabaya dan Malang hingga 6 Juli 2024. Penutupan nanti akan digelar di Universitas Negeri Malang (UM). 

BACA JUGA:Pembukaan ASEAN University Games 2024, Unesa Siap Jadi Tuan Rumah Terbaik

BACA JUGA:Jelang Asean Universitas Game, UMM Siapkan Mahasiswa lewat Sportmanship

Menpora, Dito Ariotedjo menyampaikan rasa bangganya, karena Indonesia menjadi tuan rumah pekan olahraga mahasiswa tingkat Asia Tenggara untuk yang kelima kalinya. Menurutnya, pembukaan AUG 2024 berjalan meriah dengan dihadiri seluruh tim perwakilan dari negara-negara ASEAN. 

Dia berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat mewujudkan Indonesia sebagai tuan rumah AUG XXI 2024 dengan tema "Unity in Diversity" ini sehingga pembukaannya berjalan lancar. Harapannya, event yang dihadiri ribuan delegasi negara ASEAN ini berjalan lancar dan sukses untuk penyelenggaraan maupun prestasinya. 

"Kita harapkan ini bisa menjadi penyatu dan perekat negara Asia Tenggara khususya seluruh atlet dan pelatih atau official yang terlibat, sehingga bisa terjalin hubungan yang baru yang makin kuat dari game ini," ucapnya usai pembukaan.  

BACA JUGA:Alisya Sumbang Emas dan Perak di Asean University Games 2022

Dia juga berharap AUG menjadi jembatan kemajuan bagi pengembangan talenta olahraga di kalangan perguruan tinggi utamanya Indonesia, sehingga ke depan bisa terwujud talenta terbaik yang akan membanggakan negara di kompetisi olahraga tingkat dunia. 

"Saya berharap, Indonesia sebagai tuan rumah harus memenuhi tiga sukses. Yakni sukses penyelenggaraan, sukses administrasi, paling penting sukses prestasi," ujarnya. 

"Targetnya karena kemarin di Asean School Games Vietnam bisa juara dua, kami harap di AUG bisa mendapat predikat juara umum. Tapi lihat dinamika nanti seperti apa," imbuhnya. 

BACA JUGA:Menpora Dito Umumkan Final Honda DBL with Kopi Good Day 2023 DKI Jakarta Series Digelar di Indonesia Arena

President ASEAN University Sports Council (AUSC), Mohd. Ruslim Mohammed mengatakan, AUG merupakan wadah untuk melahirkan talenta terbaik universitas yang tentu saja akan mewakili negaranya dalam berbagai event olahraga tingkat dunia. 

Sumber: