Soal Proyek IPA Bango di Kota Malang : 2023 Dibangun & Dihentikan, 2024 Kembali Jadi Sorotan Dewan

Soal Proyek IPA Bango di Kota Malang : 2023 Dibangun & Dihentikan, 2024 Kembali Jadi Sorotan Dewan

Area Proyek IPA Bango di Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang.--

MALANG, MEMORANDUM - Pembangunan Water Treatment Plant (WTP) atau Instalasi Pengolahan Air (IPA) Bango 200 lps (liter per second/ liter per detik) menjadi sorotan. Proyek kerjasama Perum Jasa Tirta (PJT) I dengan Pemkot Malang dan Perumda Tugu Tirta Kota Malang ini berada di Kelurahan Pandanwangi, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. 

Peletakan batu pertama proyek ini pada Juni 2023. Harapannya, IPA Bango dapat memenuhi kebutuhan air masyarakat Kota Malang. Tahap awal, sekitar bulan Agustus-September 2023 kapasitasnya sudah 100 lps, selanjutnya ditingkatkan hingga 200 lps. 

BACA JUGA:Dewan Kembali Soroti Aset Pemkot Malang yang Belum Tercatat

Pembangunan proyek ini tak semulus yang diharapkan. Pemkot Malang menghentikan pembangunan proyek ini pada bulan November 2023 karena belum mengantongi ijin sesuai ketentuan berlaku. Dan hingga kini, ijinnya belum terbit. Perum Jasa Tirta (PJT) I sebagai pemilik proyek ini belum melengkapi dokumen yang disyaratkan.

Pemkot Malang bersikap tegas dan tidak tebang pilih terhadap ketentuan pendirian bangunan gedung. Apabila persyaratan dapat dipenuhi maka pembangunannya dapat dilanjutkan kembali.

Persoalan perijinan proyek IPA Bango ini menjadi sorotoan DPRD Kota Malang. Diungkapkan pada rapat paripurna DPRD Kota Malang dengan agenda Laporan Hasil Pembahasan Badan Anggaran terhadap Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2023, pada Kamis 20 Juni 2024. Sebelumnya, tahun 2023 dewan juga menyoroti belum kelarnya perijinan namun pembangunan berlangsung.

BACA JUGA:Peletakan Batu Pertama IPA Bango, Wali Kota Malang: Wujudkan Kemandirian Air Baku

Pada rapat paripurna tersebut, DPRD menyampaikan kinerja Perumda Tugu Tirta di tahun 2023 mengalami berbagai kendala dan hambatan, diantaranya permasalahan perijinan AMDAL WTP/ IPA dan SPAM yang belum maksimal beroperasi.

Sorotan terhadap Perumda Tugu Tirta ini menarik perhatian, karena pada bulan Juni 2024 ini sedang berlangsung proses seleksi anggota direksi Perumda Tugu Tirta Kota Malang yang dilakukan oleh tim Panitia Seleksi (Pansel). Proses seleksi inipun juga dipantau dan diperhatikan khusus oleh beberapa anggota dewan agar melahirkan sosok direksi yang kompeten.

Ketika Memorandum.co.id mendatangi lokasi proyek IPA Bango, Jumat 21 Juni 2024 siang, nampak bangunan IPA Bango berdiri kokoh di tengah area yang lapang. Pada dinding bangunan, terpasang logo BUMN, PUPR, PJT I, Pemkot Malang dan Perumda Tugu Tirta Kota Malang. Serta terpasang papan menerangkan nama kegiatannya, Pekerjaan Terintegrasi Pembangunan Instalasi Pengelolaan Air (IPA) Bango 200 LPS Kota Malang.

Terlihat, beberapa orang melakukan aktivitas dan tidak diketahui pasti tujuan dari aktivitas tersebut. Juga nampak alat berat melakukan pemerataan tanah di area tersebut. Meski tidak memiliki ijin Nampak masih ada aktivitas. (ari)

Sumber: