Bertandang ke Surabaya, Master Aikido Asal Rumania Asah Kemampuan Praktisi Bela Diri Lokal

Bertandang ke Surabaya, Master Aikido Asal Rumania Asah Kemampuan Praktisi Bela Diri Lokal

Para praktisi aikido berlatih tanding teknik baru di Dojo Judo Koni Jatim.--

SURABAYA, MEMORANDUM - Sebanyak 60 praktisi olahraga bela diri aikido se-Indonesia mengikuti International aikido Friendship Seminar 2024 yang dilaksanakan di Dojo Judo KONI Jatim, Jalan lr H Soekarno, SURABAYA.

Menariknya, para praktisi ini menerima pelatihan langsung dari master aikido asal Rumania, Dorin Marchis, Sabtu, 15 Juni 2024.

Ketua panitia acara Dedy Setyo mengatakan, dalam pelatihan ini, master aikido Dorin Marchis memberikan banyak pelatihan, terutama dalam hal teknik kuncian hingga bantingan.


--

Selain Dorin, sensei aikido asal Singapura yakni, Choon Yeow Lim dan sensei aikido asal Indonesia, Haris Martono juga didapuk memberikan pelatihan kepada 60 aikidokai yang berasal dari berbagai wilayah seperti Surabaya, Malang, Solo, Jogjakarta, Jakarta, Bali, Singapura, dan Malaysia.

BACA JUGA:Tampil Gemilang, Anggota Kodim Surabaya Timur Gondol Emas di Kerjunas Judo Kasad Cup

"Tujuan pelatihan ini adalah untuk mempertajam kemampuan para praktisi aikido di Indonesia. Diharapkan pula semakin menumbuhkan jiwa sportivitas seorang bushido, karena aikido adalah seni bela diri yang menitikberatkan pada harmoni dan keseimbangan," kata Dedy yang juga pengurus organisasi Aikido Kakuyuukai Indonesia, Selasa, 18 Juni 2024.

Dorin Marchis sendiri bukanlah orang sembarangan di dunia seni bela diri asal negeri Sakura itu. Dia adalah sensei atau guru bertitel shihan.

Dorin juga instruktur senior aktif yang memegang lisensi master aikido, yang mana tidak semua sensei memegang titel shihan. Dalam dunia aikido, Dorin memegang lisensi dan aikikai tingkat enam.

“Melalui pelatihan ini, kita saling belajar, bertukar pengalaman, dan menjadikan aikido ini sesuatu yang positif,” tandas Dedy.

BACA JUGA:Surabaya Juara Umum Judo Porprov Jatim 2023

Sementara itu, Hery Sutardi, salah satu praktisi aikido yang mengikuti pelatihan mengaku senang, karena dapat dilatih langsung oleh seorang master aikido.

Menurutnya, teknik-teknik dari seorang master aikido Dorin Marchis sangat bermanfaat baginya, terutama untuk meningkatkan levelnya yang saat ini memegang lisensi dan tingkat tiga.

"Banyak yang saya dapatkan dari Sensei Doris, ilmu beliau sangat banyak sekali. Ada banyak teknik baru yang diajarkan," tandas praktisi aikido asal Bali ini.

Sumber: