Tips Aman Menyeberang Jalan: Panduan Lengkap untuk Pejalan Kaki

Tips Aman Menyeberang Jalan: Panduan Lengkap untuk Pejalan Kaki

Menyeberang jalan merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh pejalan kaki.-pixabay-

MEMORANDUM - Menyeberang jalan merupakan aktivitas yang sering dilakukan oleh pejalan kaki.Namun, menyeberang jalan dapat menjadi berbahaya jika tidak dilakukan dengan hati-hati.

Berikut adalah tips aman menyeberang jalan yang dapat membantu Anda terhindar dari kecelakaan:

Sebelum Menyeberang:

Gunakan Zebra Cross: Sebisa mungkin, gunakan Zebra Cross untuk menyeberang jalan. Zebra Cross dilengkapi dengan marka jalan dan lampu penyeberangan yang akan membantu Anda menyeberang dengan aman.

BACA JUGA:Polsek Wonocolo Razia Cipta Kondisi, Amankan 15 Pelanggar Lalu Lintas

Perhatikan Rambu dan Sinyal Lalu Lintas: Patuhi rambu-rambu dan sinyal Lalu Lintas yang ada di sekitar zebra cross. Pastikan lampu penyeberangan menunjukkan sinyal hijau yang menandakan aman untuk menyeberang.

Lihat Kanan dan Kiri: Sebelum menyeberang, pastikan Anda telah melihat ke kanan dan ke kiri jalan dengan seksama. Pastikan tidak ada kendaraan yang melaju dari kedua arah sebelum Anda menyeberang.

Perhatikan Sekitar: Perhatikan situasi di sekitar Anda, termasuk pejalan kaki lain, pengendara sepeda, dan kendaraan yang parkir. Pastikan kondisi aman sebelum Anda menyeberang.

BACA JUGA:Kalah dalam Penguasaan Bola, Spanyol Beri Pukulan Telak Kroasia

Saat Menyeberang:

Berjalanlah dengan Percaya Diri: Berjalanlah dengan langkah yang mantap dan percaya diri saat menyeberang jalan. Hindari berlari atau terburu-buru.

Jaga Kontak Mata dengan Pengendara: Jaga kontak mata dengan pengendara kendaraan yang akan melintas untuk memastikan mereka melihat Anda.

Perhatikan Kendaraan yang Menepi: Berhati-hatilah terhadap kendaraan yang menepi di pinggir jalan, karena mereka mungkin tiba-tiba membuka pintu mobil atau melaju kembali ke jalan.

BACA JUGA:Warga Terharu, Motor Miliknya yang Hilang Ditemukan Polsek Bangil

Sumber: