Lolos Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, STY: Tidak Ada Lawan yang Mudah

Lolos Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, STY: Tidak Ada Lawan yang Mudah

Pelatih Indonesia Shin Tae-yong--

MEMORANDUM - Indonesia memastikan diri lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia usai mengalahkan Filipina dengan skor 2-0. Pelatih Indonesia Shin Tae-yong mengaku puas atas kemenangan anak asuhnya di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa 11 Juni 2024 pukul 19:30 WIB. 

Dua gol kemenangan skuad Garuda dicetak tendangan keras Thom Haye pada menit ke-32 dan tandukan Rizky Ridho menit ke-56. 

Pelatih Shin Tae-yong menyebut bahwa pertandingan malam itu tidak mudah bagi timnas Indonesia, apalagi pertahanan Filipina bermain cukup solid hingga 30 menit di babak pertama. 

"Hari ini mungkin bisa dilihat secara psikologis memang ada kesulitan juga bagi kita. Namun, berkat kerja keras pemain di lapangan, kita bisa mencetak sejarah baru dan kita akhirnya lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026," kata Shin Tae-yong dikutip laman resmi PSSI. 

BACA JUGA:Prestasi Sepakbola antara Timnas dan Liga Tak Berbanding Lurus

Shin Tae-yong sadar bahwa di putaran tiga nanti tim-tim yang akan dihadapi oleh timnas Indonesia akan jauh lebih kuat. Dari 18 negara yang lolos ke ronde ketiga, Asnawi Mangkualam dkk berpotensi bertemu raksasa-raksasa Asia, seperti Jepang, Iran, Australia, Korea Selatan, Qatar, Arab Saudi, dan lain-lainnya. 

"Memang kami sudah lolos ke ronde tiga, dan tidak ada lawan yang mudah bagi kami, apalagi tim kami berada di ranking 134. Jadi bisa dibilang kita tim yang paling lemah," ujar pelatih asal Korea Selatan itu. 

"Tapi saya akan tetap berusaha mencapai mimpi saya dan kami tidak akan mudah menyerah. Kami akan mempersiapkan tim ini agar semakin baik dan berusaha semaksimal mungkin (di putaran tiga)," tambahnya. 

18 negara sudah dipastikan lolos ke ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Indonesia adalah wakil satu-satunya di Asean.(rid) 

 

Berikut 18 negara yang lolos ronde ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026:

1. Indonesia

2. Irak

3. Jepang

Sumber: