Bio Farma Hadir dalam Surabaya Haji Umrah Expo 2024, Pentingnya Imunisasi Jemaah sebelum Berangkat Ibadah

Bio Farma Hadir dalam Surabaya Haji Umrah Expo 2024, Pentingnya Imunisasi Jemaah sebelum Berangkat Ibadah

dr Asep (tengah) membeberkan pentingnya imunisasi bagi jamaah haji atau umrah dalam talkshow di pamerah Surabaya Haji Umrah Expo di Rozal Plaza. --


--

SURABAYA, MEMORANDUM - SKH Memorandum menggelar Surabaya Haji Umrah Expo Rabu 6 Juni sampai Minggu 9 Juni 2024 di Atrium Royal Plaza. Tidak hanya menggelar pamerah haji dan umrah terbesar di Jawa Timur, namun juga ada vaksin kesehatan bagi calon jemaah yang akan berangkat menunaikan ibadah ke tanah suci. 

Vaksin itu sendiri sangat penting bagi jamaah calon haji atau umrah agar tetap sehat selama menjalankan ibadah. Dalam hal ini, Bio Farma adalah badan usaha milik negara yang memprodukai vaksin. 

Menurut dr Asep bahwa Bio Farma ini perusahaan milik negara yang memproduksi vaksin, baik itu vaksin covid, vaksin untuk bayi, dan juga menyediakan vaksin bagi jamaah haji atau umrah. 

"Untuk jamaah haji dan umrah, kami ada vaksin meningitis, vaksin untuk flu (influenza), dan vaksin-vaksin yang direkomendasikan oleh kementerian kesehatan Arab Saudi seperti Polio juga kita sediakan," kata dr Asep yang asli orang Bandung, Sabtu 8 Juni 2024.

BACA JUGA:SKH Memorandum Gelar Surabaya Haji Umrah Expo, Edukasi Masyarakat Memilih Travel yang Kantongi Izin Resmi

Kehadiran Bio Farma dalam pameran haji dan umrah yang diselenggarakan Memorandum pastinya untuk membantu masyarakat untuk mendapatkan vaksin-vaksin yang dibutuhkan selama menjalani ibadah haji ataupun umrah. 

"Vaksin untuk haji itu sudah diwajibkan sebelum berangkat ibadah haji seperti meningitis dan flu. Untuk jamaah umrah untuk sekarang tidak diwajibkan. Tapi sangat direkomendasikan supaya terjaga kesehatannya selama ibadah dan supaya ibadahnya tetap khusyuk," papar dr Asep. 

Masih kata dr Asep bahwa akan ada wacana bahwa untuk berangkat umrah diwajibkan untuk vaksin terlebih dahulu terutama vaksin meningitis. "Kalau umrah ada wacana akan diwajibkan kembali, tapi saat ini masih belum ada cuman kami persiapan saja untuk menghadapi aturan seperti itu dan lebih baik kita di imunisasi saja," ungkapnya. 

BACA JUGA:Memorandum Gelar Pameran Surabaya Haji Umrah Expo 2024

Untuk mendapatkan vaksin sebelum berangkat ke tanah suci, tidak ada syarat khusus bagi para jamaah. Yang terpenting dalam keadaan sehat atau tidak dalam kondisi demam (sakit). 

"Jika saat itu dalam kondisi sakit, makan ditunda terlebih dahulu selama seminggu, baru bisa dilakukan vaksinasi. Jadi yang terpenting kondisinya sehat dan tidak ada mungkin riwayat alergi seperti alergi vaksin. Jika ada riwayat alergi vaksin, sebaiknya konsultasi terlebih dahulu dengan dokter," pungkasnya. (rid)

Sumber: