Jelang Idul Adha, Penjual Hewan Kurban di Jember Mulai Diburu Pembeli

Jelang Idul Adha, Penjual Hewan Kurban di Jember Mulai Diburu Pembeli

Bulaman Pedagang di stan hewan kurban -Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Menjelang Idul Adha yang akan jatuh pada tanggal 17 Juni 2024 mendatang sejumlah pedagang hewan kurban di JEMBER mulai di buru pembeli

Seperti diungkapkan sejumlah pedagang di sekitar tepi jalan Teuku Umar, Kelurahan Tegal Besar, Kecamatan Kaliwates. Di kawasan itu puluhan stan pedagang hewan kurban berjajar rapi. Berbagai pilihan hewan kurban tersedia dengan harga beragam.

Para pedagang di sana mengungkapkan sudah mulai menerima banyak pesanan terutama kambing. Bahkan sebagian dari mereka mengaku sudah ada belasan hewan kurban yang sudah terjual.

“Sudah ada 15 kambing yang laku. Biasanya mendekati hari raya kurban semakin kewalahan. Kebanyakan pembeli sendiri memang dari Jember,” Jelas Bulaman Pedagang di stan hewan kurban miliknya, Rabu, 5 Juni 2024.

BACA JUGA:103 Pedagang Hewan Kurban Ajukan Rekomendasi Lapak, 54 Belum Disetujui

Menurutnya saat ini hewan kurban yang paling banyak diminati oleh pembeli adalah kambing jenis dormas, sebab bobot dagingnya lebih banyak dibanding kambing jenis lain.

“Dagingnya itu lebih banyak. Satu ekor kambing bobotnya bisa sampai 45-55 kg,” ujar Bulaman.

Ia mengungkapkan untuk harga kambing sangat beragam tergantung jenis dan bobotnya. “Rata-rata per ekor bisa sampai 5 juta rupiah, ada yang 4,5 juta, ini harga kambing yang jenis durmas. Beda dengan kambing lokal yakni sedikit lebih murah,” ucapnya.

Setiap tahun dirinya menyetok kambing hingga ratusan ekor, kali ini ia menyediakan 150 ekor hasil dari ternak sendiri. (eko)

Sumber: