Semarak Hardiknas 2024 di Kota Pasuruan, Gus Ipul Harap Peningkatan Mutu Pendidikan

Semarak Hardiknas 2024 di Kota Pasuruan, Gus Ipul Harap Peningkatan Mutu Pendidikan

Walikota Gus Ipul berpakaian ala pelajar dalam Gebyar Hardiknas 2024 di Kota Pasuruan-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Pemerintah Kota Pasuruan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan turut memeriahkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024. Mereka menyuguhkan gelaran Gebyar Hardiknas yang berlangsung semarak pada Senin 3 Juni 2024 di Gedung Kesenian Darmoyudo. 

Dalam rangkaian Gebyar Hardiknas ini, turut diselenggarakan karnaval bertajuk “Pasuruan Education Carnival 2024”. Diikuti oleh ratusan pelajar tingkat SD dan SMP se-Kota Pasuruan. Mereka mengenakan beragam pakaian adat yang ada di Indonesia, seperti Jawa, Bali, Minang dan lain sebagainya. Hal ini sebagai salah satu wujud dari kecintaan terhadap budaya dan tradisi yang patut dilestarikan. 

Adapun rute karnaval dimulai dari Jalan Gajah Mada dan finish di Jalan Panglima Sudirman. Masyarakat terlihat tumpah ruah memadati sepanjang jalan hingga memasuki Gedung Gradika Bhakti Praja untuk menyaksikan beragam pertunjukan yang ikut ditampilkan. 

Wali Kota Saifullah Yusuf (Gus Ipul) membuka secara langsung kegiatan tersebut. Dalam sambutannya, Gus Ipul berharap adanya peningkatan mutu pendidikan di Kota Pasuruan. 

BACA JUGA:Peduli Penyandang Disabilitas, Pemkot Pasuruan Bantu Sembako dan Gerobak Usaha

“Malam ini kita berkumpul ingin bersama menguatkan tekad agar dunia pendidikan kita, khususnya di Kota Pasuran terus meningkatkan kualitas pendidikan. Mulai dari guru, murid, serta sarana dan prasarananya,” ujar Gus Ipul.

Yang menariknya, dress code yang dikenakan malam itu terasa vibesnya. Wali Kota Pasuruan beserta jajaran Forkopimda serta tamu undangan lainnya kompak memakai seragam sekolah. Dalam momentum istimewa tersebut mengusung sebuah tema: Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar.

Gus Ipul menuturkan dengan dikenakannya pakaian sekolah sebagai tema busana pada Gebyar Hardiknas 2024 ini agar menjadi pemantik semangat untuk para pelajar dalam menimba ilmu. 

“Malam ini Dinas Pendidikan Kota Pasuruan mengundang kita duduk bersama dengan memberikan semangat lewat kostum yang kita kenakan, yakni seragam sekolah, mulai PAUD, SD, SMP, dan SMA,” ucap Gus Ipul seraya tersenyum. 

BACA JUGA:Percepat Eliminasi TBC, Pemkot Pasuruan Launching Gardu Siaga Jaring TBC

Kilatan lampu pada panggung Gebyar Hardiknas menambah megah suasana. Para pelajar juga tampil rancak. Mereka turut unjuk kebolehan dengan performa kreasi pentas masing-masing melalui gerak serta lagu. 

Melalui kurikulum Merdeka Belajar ini, Gus Ipul ingin dunia pendidikan dapat lebih menyenangkan dan menggembirakan. Sehingga mampu berprestasi dan membawa kebermanfaatan sebagai bekal menuju masa depan. 

“Saya ingin dunia pendidikan sebagaimana pesan-pesan yang disampaikan lewat video singkat, menjadi dunia pendidikan yang menyenangkan dan menggembirakan dengan Merdeka Belajar, sehingga anak-anak kita memiliki semangat ganda untuk bisa mempersiapan diri menghadapi masa depan yang kita tahu berbeda dengan apa yang kita hadapi hari ini,” tuturnya. 

Gus Ipul turut menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dinas Pendidikan dan segenap jajaran, mulai Kepala Sekolah, para guru, komite sekolah, dan seluruh pihak yang mendukung dan memiliki kepedulian terhadap dunia pendidikan, terutama kepada para orang tua. 

Sumber: