Cara Mengatasi Batuk yang Disertai Sesak Napas

Cara Mengatasi Batuk yang Disertai Sesak Napas

ilustrasi batuk--

SURABAYA, MEMORANDUMBatuk yang disertai sesak napas tentu menimbulkan perasaan tidak nyaman. Pada kondisi ini, seseorang kesulitan untuk bernapas akibat adanya penumpukan lendir di saluran pernapasan. Saat lendir sudah berlebihan, kesulitan bernapas akan terjadi dan juga bersamaan dengan Batuk.

Kondisi ini perlu diatasi segera, sehingga pernapasan menjadi lancar kembali. Dengan begitu, aktivitas yang dilakukan tidak terganggu dengan adanya masalah pernapasan yang disertai batuk ini.

BACA JUGA:7 Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mengatasi Batuk

Cara Mengatasi Batuk Disertai Sesak Napas

1. Konsumsi lebih banyak cairan

Konsumsi lebih banyak cairan bermanfaat agar tubuh tetap terhidrasi. Cobalah untuk mengonsumsi teh panas dicampur dengan madu atau lemon, agar saluran udara yang teriritasi lebih tenang.

2. Mengisap obat batuk berupa permen

Berikutnya, kamu juga dapat mencoba menghisap obat batuk berbentuk permen. Cara ini dapat meningkatkan produksi air liur yang menenangkan tenggorokan. Namun, jangan diberikan pada anak di bawah usia 4 tahun karena berpotensi menyebabkan tersedak.

3. Konsumsi madu

Cara ini dipercaya dapat menghentikan batuk, bahkan lebih baik dari kebanyakan obat yang dijual bebas. Namun, jangan pernah berikan pada anak di bawah usia 1 tahun, karena berpotensi menyebabkan botulisme.

4. Gunakan pelembap udara

Dengan menghirup udara yang lembap, saluran hidung dan tenggorokan menjadi lebih tenang, serta batuk kering mereda. Selain menggunakan humidifier, cara mendapatkan kelembapan lainnya adalah dengan mandi air panas.

BACA JUGA:Manfaat Buah Pir Kukus Jahe, Pereda Batuk Alami Kaya Nutrisi

BACA JUGA:Sering Batuk Saat Udara Dingin, Berikut Cara Mengatasinya

Sumber: