Kisah Unik Debut Michael Schumacher di GP Belgia 1991

Kisah Unik Debut Michael Schumacher di GP Belgia 1991

Michael Schumacher--Twitter

MEMORANDUM - Tahun 1991, tepatnya pada 25 Agustus 1991, Michael Schumacher memulai debutnya di ajang Formula 1 bersama tim Jordan di Sirkuit Spa Francorchamps.

Debut seorang pemuda Jerman berusia 22 tahun ini menandai awal dari karir balap yang luar biasa dan mengantarkannya menjadi legenda di dunia F1.

Jalan Terjal Menuju Debut

Debut Schumacher terbilang unik. Dia menggantikan Bertrand Gachot, pembalap utama Jordan yang harus mendekam di penjara karena kasus penyerangan supir taksi dengan gas air mata.

Tim Jordan dihadapkan pada situasi sulit mencari pengganti Gachot dengan waktu singkat. Nama-nama pembalap senior seperti Keke Rosberg dan Derek Warwick sempat dipertimbangkan, namun karena berbagai alasan, pilihan jatuh pada Michael Schumacher.

BACA JUGA:Apakah McLaren dan Ferrari Bisa Rebut Takhta dari Red Bull?

BACA JUGA:Banyak yang Kecewa Livery Ferrari Bernuansa Biru Klasik di GP Miami 2024


Mercedes, sponsor tim Jordan, bersedia membayar $280.000 untuk menempatkan Schumacher di kursi pembalap Jordan di GP Belgia. Schumacher, yang saat itu dikenal sebagai pembalap muda berbakat dengan prestasi di F3 Jerman, GP Macau, DTM, dan Le Mans, langsung menarik perhatian dunia F1.

Kejutan di Kualifikasi

Pada tes perdananya dengan mobil F1 Jordan di Silverstone, Schumacher langsung menunjukkan bakat spesialnya. Ia bahkan diminta untuk melambat karena tim khawatir dia melaju terlalu kencang. Catatan waktunya di tes tersebut lebih cepat dari pembalap reguler Jordan, Andrea de Cesaris.

Kejutan berlanjut di sesi kualifikasi GP Belgia. Meskipun baru pertama kali menjajal sirkuit Spa yang terkenal teknikal dan menantang, Schumacher berhasil menempati posisi kedelapan, hanya sedetik lebih kencang dari de Cesaris dan berada di belakang pembalap top seperti Ayrton Senna, Alain Prost, Nigel Mansell, Gerhard Berger, Jean Alesi, dan Nelson Piquet.

Debut yang Singkat

Sayangnya, debut Schumacher di balapan tidak berjalan mulus. Kopling mobilnya mengalami masalah saat start dan dia harus DNF (Did Not Finish) hanya setelah menempuh satu kilometer. Meskipun singkat, debutnya telah mencuri perhatian dan menjadi sensasi di paddock F1.

Awal dari Sebuah Legenda

Walaupun debutnya terbilang singkat dan penuh drama, Michael Schumacher berhasil menunjukkan bakat luar biasa dan membuka jalan bagi karirnya yang gemilang di dunia F1.

Setelah GP Belgia, dia dikontrak Jordan untuk sisa musim 1991. Namun, takdir berkata lain. Benetton membajak Schumacher dan mendepak Roberto Moreno dari tim. Dan sisanya adalah sejarah.

Schumacher menjadi salah satu pembalap terhebat dalam sejarah F1 dengan koleksi tujuh gelar juara dunia. Debutnya di Spa Francorchamps menjadi awal dari sebuah legenda yang tak terlupakan. (mg20)

Sumber: