Tradisi Unik Lebaran di Berbagai Daerah di Indonesia

Rabu 03-04-2024,01:01 WIB
Reporter : Khoirifna Firdaus
Editor : Muhammad Ridho

6. Meriam Karbit (Pontianak)

Tradisi ini dilakukan di Pontianak, Kalimantan Barat. Masyarakat menyalakan meriam karbit di sepanjang Sungai Kapuas. Tradisi ini memeriahkan suasana Lebaran dan menjadi simbol kemenangan.

7. Tellasan Topak (Madura)

Tradisi ini dilakukan di Madura, Jawa Timur. Masyarakat Madura membawa "topak" atau wadah berisi makanan untuk dibagikan kepada tetangga. Tradisi ini merupakan simbol rasa syukur dan berbagi.

BACA JUGA:Khong Guan dan Tradisi Lebaran: Bagaimana Biskuit Ini Menjadi Ikon?

8. Halal Bi Halal (Jawa)

Tradisi ini dilakukan di berbagai daerah di Jawa. Masyarakat saling bersalaman dan bermaaf-maafan untuk menjalin kembali hubungan yang harmonis.

9. Mudik (Indonesia)

Tradisi ini dilakukan di seluruh Indonesia. 

Masyarakat yang bekerja di perantauan pulang ke kampung halaman untuk berkumpul bersama keluarga. Tradisi ini menjadi momen yang paling dinanti-nanti.

10. Takbir Keliling (Indonesia)

Tradisi ini dilakukan di seluruh Indonesia. Masyarakat berkeliling kampung sambil mengumandangkan takbir pada malam takbiran. Tradisi ini menambah semarak suasana Lebaran.

Tradisi Lebaran di berbagai daerah ini merupakan kekayaan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan. Tradisi ini menjadi daya tarik dan menambah semarak momen Lebaran. (mg6)

Kategori :