DPRD Kota Surabaya Dorong Pemkot Optimalisasi Penghijauan di Surabaya

Kamis 17-10-2024,23:26 WIB
Reporter : Arif Alfiansyah
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Kemarau panjang yang melanda Kota Pahlawan berdampak signifikan terhadap kondisi lingkungan. Jalan-jalan utama seperti di Jalan Raya Dukuh Kupang kini kehilangan kehijauannya. 

BACA JUGA:Fenomena Caleg Depresi, Baktiono: Akibat Money Politic

Pantun memorandum.co.id, tanaman median jalan yang biasanya menghiasi kota dengan warna-warni kini tampak layu dan kering. Bahkan, sejumlah pohon besar terpaksa ditebang untuk menghadapi musim pancaroba. Kondisi ini tentunya sangat disayangkan, mengingat pepohonan memiliki peran penting dalam menjaga kualitas udara dan keindahan kota.

BACA JUGA:Beredar Poster Paslon Armuji Dan Baktiono, Wasek DPC PDIP Surabaya : Hoax !!

Anggota DPRD Kota Surabaya, Baktiono, menyoroti pentingnya peran tanaman bagi kota. Menurutnya, tanaman tidak hanya berfungsi sebagai hiasan, namun juga berperan krusial dalam menyerap karbondioksida dan menciptakan hutan kota. Hal ini sejalan dengan peraturan perundang-undangan yang mensyaratkan adanya ruang terbuka hijau minimal 20 persen dari luas kota. 

BACA JUGA:Konsisten Gelar Aksi Sosial, Baktiono Sebut LPM Suramadu Luar Biasa

Menurut Baktiono, Kota Surabaya telah berhasil melampaui target tersebut dengan melakukan penghijauan hingga ke pelosok-pelosok. Keberhasilan ini patut diapresiasi sebagai upaya menjaga kualitas lingkungan dan meningkatkan kenyamanan hidup warga.

BACA JUGA:Baktiono Sampaikan Program Er-Ji kepada Warga Kali Kepiting

"Sesuai dengan aturan perundang-undangan kita minimal harus bisa menyediakan ruang terbuka hijau 20 persen. Ternyata Surabaya sudah lebih, termasuk penghijauan taman sampai ke pelosok-pelosok, " kata Baktiono, Kamis 17 Oktober 2024. 

BACA JUGA:Sapa Warga Granting, Baktiono Gelorakan Pasangan Eri Cahyadi-Armuji

Pihaknya menekankan pentingnya perawatan taman kota, terutama di musim kemarau. Menurutnya, anggaran yang cukup besar telah dialokasikan untuk memastikan keindahan dan kelestarian taman-taman di Surabaya. 

BACA JUGA:Baktiono: Suara Nonparlemen Jangan Diremehkan

"Anggaran ini kita sudah sediakan sangat besar untuk merawat taman ini. Kita sudah menyediakan segala kebutuhan untuk merawat taman, mulai dari truk tangki untuk penyiraman, tenaga perawatan, hingga berbagai jenis tanaman,” tegas Baktiono. 

BACA JUGA:Adi Sutarwijono dan Baktiono Jalani Fit and Proper Test di DPP

Ia berharap, dengan perhatian yang optimal, taman-taman di Surabaya dapat terus menjadi ruang terbuka hijau yang asri dan bermanfaat bagi masyarakat.

Kategori :