DPRD Surabaya Resmi Dilengkapi Pimpinan Definitif dan AKD, Siap Kolaborasi untuk Kota Pahlawan

Kamis 17-10-2024,17:19 WIB
Reporter : Arif Alfiansyah
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - DPRD Kota Surabaya resmi melengkapi kepengurusan dengan dilantiknya 4 pimpinan definitif periode 2024-2029. 

BACA JUGA:Besok Pimpinan Definitif DPRD Surabaya Dilantik, AKD segera Terbentuk

Acara pelantikan di ruang rapat utama lantai 3 Gedung DPRD di Jalan Yos Sudarso, Kamis 17 Oktober 202, menjadi tonggak awal bagi lembaga legislatif Kota Pahlawan dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Rapat paripurna DPRD Kota Surabaya dengan acara pengucapan sumpah atau janji pimpinan DPRD Kota Surabaya massa jabatan 2024-2029 diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan menghentikan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan. 

BACA JUGA:DPRD Surabaya Minta Revitalisasi Pasar Kembang Lebih Modern dan Dorong Kebangkitan Ekonomi Rakyat

Selanjutnya agenda ini dibuka secara terbuka dengan ditandai ketukan palu oleh Adi Sutarwijono. Kemudian dilakukan pembacaan surat keputusan yang ditandatangani Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono yang dibacakan sekretaris dewan. 

BACA JUGA:DPRD Surabaya Rumah Terbuka untuk Semua Suara Warga

Adapun susunan pimpinan definitif DPRD Kota Surabaya periode 2024-2029, Adi Sutarwijono dari PDI-P terpilih sebagai Ketua, didampingi Bahtiyar Rifai (Gerindra), Laila Mufidah (PKB), dan Arif Fathoni (Golkar) sebagai Wakil Ketua.

Adi Sutarwijono, yang kembali terpilih sebagai Ketua DPRD Surabaya definitif menjelaskan bahwa pengambilan sumpah dan janji ini adalah tahapan yang harus dilalui untuk penetapan pimpinan DPRD yang definitif. 

"Berikutnya kami akan menyelesaikan pembentukan AKD di DPRD Surabaya," kata Adi ditemui usai pelantikan. 

BACA JUGA:Bangunan Bekas Kecamatan Sambikerep Mangkrak, Anggota DPRD Surabaya Desak Pemkot Optimalkan Aset

DPRD Kota Surabaya optimistis bahwa alat kelengkapan dewan (AKD) akan terbentuk hari ini juga. Menurutnya, semua usulan dari fraksi-fraksi terkait susunan AKD telah masuk dan akan segera diproses. 

"Surat-surat sudah masuk, usulan dari fraksi-fraksi nanti akan kita susun sedemikian rupa sehingga masing-masing komisi nanti akan memilih pimpinan komisi menurut pilihan mereka masing-masing yang sebelumnya sudah disepakati," jelasnya. 

Sehingga setelah menerima usulan dari seluruh fraksi, DPRD menggelar rapat untuk finalisasi susunan AKD dan terget penyelesaian AKD. 

BACA JUGA:Bangunan Bekas Kecamatan Sambikerep Mangkrak, Anggota DPRD Surabaya Desak Pemkot Optimalkan Aset

Kategori :