SWCF 2024 Jadi Upaya Kenalkan Seni dan Budaya Surabaya ke Dunia Internasional

Rabu 02-10-2024,16:31 WIB
Reporter : Alif Bintang
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Untuk pertama kalinya, Pemkot Surabaya bersama Bandung Choral Society bekerja sama menggelar kompetisi paduan suara bertajuk Surabaya World Choir Festival (SWCF) 2024.

BACA JUGA:Layanan KUA Dikeluhkan Masyarakat, DPRD Surabaya Minta Ada Perbaikan

Ajang kompetisi bernyanyi yang menghadirkan penyanyi solo dan paduan suara berbakat lokal maupun internasional tersebut digelar di Kompleks Balai Pemuda.

BACA JUGA:Penyembelihan Sapi di PD RPH Tuai Sorotan, DPRD Surabaya Minta Sesuai Kaidah Agama

Direktur Artistik SWCF Tommyanto Kandisaputra mengatakan The 1st SWCF tidak hanya menjadi panggung untuk menampilkan keindahan nyanyian, tetapi juga sebagai sarana untuk mempererat hubungan komunitas paduan suara di Jatim melalui seni dan budaya.

BACA JUGA:DPRD Surabaya Harap Pjs Wali Kota Cepat Beradaptasi dan Pro Rakyat

"Harapannya festival ini dapat membuka pintu bagi komunitas internasional untuk datang dan mengenal Kota Surabaya,” ujar Tommyanto, Rabu, 2 Oktober 2024.

Meskipun baru pertama kali, SWCF mendapat antusias dari pegiat paduan suara. Acara ini dihadiri oleh 4 negara partisipan dari Korea Selatan, Malaysia, Filipina, dan peserta yang datang dari 11 provinsi Indonesia.

BACA JUGA:DPRD Surabaya Ajak Masyarakat Gunakan Hak Pilih Pilkada Serentak 2024

Yakni, Bali, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Lampung, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan.

Sementara itu, Eri Cahyadi mengapresiasi gelaran SWCF. Sebagai Kota Metropolis, Surabaya kaya akan seni dan budaya.

BACA JUGA:Netizen Digemparkan Temuan Bungkusan Kain Pocong Berisikan Foto Anggota DPRD Surabaya Juliana Evawati

“Saya menyambut datangnya peserta yang akan mengikuti festival ini di Kota Pahlawan dengan tangan terbuka. Harapannya semua peserta dapat menikmati keindahan Kota Surabaya dan keramahan penduduknya," ucap Eri.

Sedangkan Patron SWCF Herlina Harsono Njoto beharap, hadirnya SWCF di Surabaya bisa berdampak positif bagi sektor periwisata. Termasuk di dalamnya sektor-sektor pendukung seperti perhotelan dan keberadaan UMKM. Sehingga bisa menumbuhkan ekonomi lokal.

''Oleh sebab itu, hadirnya festival ini di Kota Surabaya tidak hanya menawarkan panggung seni yang memukau, tetapi juga pengalaman wisata yang kaya dengan perpaduan antara arsitektur kota tua, pusat perbelanjaan modern, dan aneka ragam kuliner. Sehingga Surabaya bisa lebih dikenal di dunia intenasional,” kata dia.

Kategori :