Pelindo Daya Sejahtera dan Disnakertrans Jatim Bekali Pemahaman Hubungan Industrial bagi SMK

Kamis 26-09-2024,19:00 WIB
Reporter : Muchlis Darmawan
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Dalam upaya mencetak lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang siap terjun ke dunia kerja, Pelindo Daya Sejahtera (PDS) berkolaborasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jawa Timur menyelenggarakan program ‘HI Mengajar’. 

BACA JUGA:Pelindo Regional 3 Segera Resmikan Fly Over Teluk Lamong

Program ini bertujuan untuk membekali tenaga pendidik SMK dengan pemahaman mendalam tentang hubungan industrial, sehingga siswa dapat lebih siap menghadapi dinamika dunia kerja.

BACA JUGA:Jelang HUT Ke-79 RI, Pelindo Sub Regional 3 Jawa Tanam Ribuan Pohon

Kegiatan digelar di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jatim. Dalam kegiatan tersebut dihadiri sedikitnya 50 perwakilan tenaga pengajar atau guru dari 50 sekolah SMK se- Jatim.

BACA JUGA:Sambut HUT Ke-79 RI, Pelindo Regional 3 Sosialisasikan Safety Riding

Melalui program ini, para guru akan diberikan pengetahuan mengenai hak dan kewajiban pekerja, organisasi pekerja, penyelesaian perselisihan, kompetensi dan potensi pekerja, serta pentingnya membangun hubungan yang harmonis antara pekerja dan pengusaha.

BACA JUGA:Pelindo Regional 3 Lampaui Target Kinerja Semester I 2024

Kasi Kelembagaan Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Jatim Sugeng Lestari menyampaikan, para tenaga pengajar diharapkan mampu memberikan bekal kepada siswa-siswi SMK tentang

pola dan dinamika hubungan industrial sehingga para siswa/i memiliki bekal yang cukup untuk bersaing di pasar kerja yang semakin kompetitif.

BACA JUGA:Presiden Resmikan KITB, Pelindo Regional 3 Kebut Pembangunan Pelabuhan Batang

“Program inisiasi pemasyarakatan Hubungan industrial yang disampaikan kepada guru SMK se-Jatim bertujuan agar para guru memiliki bekal wawasan yang akan disampaikan kepada siswa/i terkait pentingnya pengetahuan hak dan kewajiban seorang pekerja di perusahaan,” ujar Sugeng Lestari.

BACA JUGA:Gandeng BNNK Surabaya, Pelindo Wujudkan Lingkungan Kerja Bebas Narkoba

Senada disampaikan Sekretaris Perusahaan PT PDS Parbianto Wibowo, sebagai perusahaan penyedia tenaga kerja yang menaungi kurang lebih dari 17.000 tenaga kerja, pihaknya mengakui dampak positif dari pemahaman hubungan industrial oleh para pekerja. 

BACA JUGA:Sambut Kapal Pesiar Seven Seas Mariner, Pelindo Gelar Pameran Batik dan Busana

Kategori :