Pemerintah Tingkatkan Layanan Haji dan Umrah Melalui Satu Sehat, Vaksin Meningitis Jadi Wajib

Kamis 12-09-2024,18:18 WIB
Reporter : Arif Alfiansyah/mg-29
Editor : Ferry Ardi Setiawan

SURABAYA, MEMORANDUM.CO.ID - Dalam upaya memberikan pelayanan terbaik bagi para calon jemaah haji dan umrah, pemerintah terus berinovasi. Salah satu langkah konkret adalah melalui aplikasi Satu Sehat yang memudahkan akses berbagai layanan kesehatan, termasuk persiapan keberangkatan ibadah.

BACA JUGA:Memorandum Haji Umrah Expo 2024: Solusi Ibadah Nyaman, Buru Promo Menarik!

Hal ini disampaikan Kepala Balai Besar Kekarantinaan Kesehatan (BBKK) Surabaya Dr Rosidi Roslan SIP SKM SH MPH MH dalam talkshow yang digelar di sela-sela Memorandum Haji Umrah Expo 2024 di Royal Plaza, Kamis 12 September 2024.

Dr Rosidi juga menyoroti pentingnya vaksinasi meningitis yang kembali menjadi syarat wajib bagi seluruh jemaah umrah. 

"Vaksinasi ini sangat penting untuk melindungi jemaah dari penyakit meningitis yang dapat berisiko fatal," tegasnya.

BACA JUGA:Memorandum Haji Umrah Expo Makin Semarak dengan Aksi Panggung SMALFA Band

Beliau menambahkan bahwa kebijakan ini sejalan dengan upaya pemerintah Arab Saudi dalam menjaga kesehatan para pengunjung.

Dalam kesempatan tersebut, Dr Rosidi juga memberikan penjelasan mengenai pentingnya vaksinasi meningitis dan bagaimana aplikasi Satu Sehat dapat memudahkan proses administrasi terkait vaksinasi ini. Beliau menekankan bahwa kebijakan ini merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam menjaga kesehatan masyarakat, khususnya para calon jemaah umrah.

BACA JUGA:Senam DI Style Meriahkan Pembukaan Memorandum Haji Umrah Expo 2024

"Vaksinasi meningitis merupakan syarat wajib bagi jemaah umrah yang akan berangkat ke Arab Saudi. Ini karena wilayah tersebut merupakan daerah endemi penyakit meningitis, sehingga risiko penularan sangat tinggi," kata Dr Rosidi. 

Vaksinasi ini sangat penting untuk memberikan kekebalan tubuh terhadap virus meningitis. Dengan begitu, jemaah umrah dapat terlindungi dari penyakit yang dapat menyebabkan komplikasi serius bahkan kematian.

BACA JUGA:Kopdar TV9 Bahas Persiapan Memorandum Haji Umrah Expo 2024

"Gunanya apa satu, sehingga dia itu bisa ada kekebalan tubuh untuk virus itu. Jadi meminimalkan itu kematian juga rendah kemudian vaksin ini juga yang paling penting bagi jamaah umroh itu kan jaga pemberiannya, jangan sampai pas berangkat baru di kasih vaksin itu lah, karena perlindungan tidak sempurna. Minimal H-10 hari itu sudah di suntik," ujarnya 

BACA JUGA:25 Travel Meriahkan Memorandum Haji Umrah Expo 2024

Ditanya apakah orang hamil bisa dilakukan vaksinasi, Dr Rosidi menjelaskan hal itu tergantung kalau orang hamil itu nanti diminta rekomendasi dari pemeriksaan dari doktor kandungan. 

Kategori :