Percepat Pembangunan Kota Malang, Pj Walikota Iwan Beberkan 11 Agenda Prioritas

Rabu 11-09-2024,06:01 WIB
Reporter : Ariful Huda
Editor : Muhammad Ridho

MALANG, MEMORANDUM.CO.ID - Pembangunan di Kota Malang sedang direncanakan dengan apik oleh Pj Wali Kota Malang Iwan Kurniawan ST MM. Setidaknya, terdapat sebelas kegiatan prioritas yang digagasnya. 

Kegiatan-kegiatan prioritas ini berakar dari 'belanja masalah' yang dilakukan Pj Wali Kota Iwan selama satu bulan pertama memimpin Kota Malang. 

BACA JUGA:Penghargaan Kemenhub RI : Kota Malang Raih WTN 2024 Kategori Kota Besar

Pemetaan isu-isu strategis yang belum terselesaikan di Kota Malang dikerucutkan dalam sebelas kegiatan prioritas. Namun, tetap memperhatikan program kegiatan dan layanan dasar yang sudah tercantum dalam dokumen Rencana Pembangunan Daerah 2024-2026. 

Kegiatan ini dirancang untuk dilaksanakan dalam jangka pendek atau periode September-Desember 2024 maupun jangka panjang, yaitu 2025 mendatang.

BACA JUGA:Sambut Pj Wali Kota Singkawang, Pj Wali Kota Malang Sampaikan Kuatnya Sinergi TSP

Sebelas kegiatan prioritas yang dipaparkan Pj Wali Kota Malang ini adalah, pertama, revitalisasi/rehabilitasi Pasar Besar Malang; kedua, penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi Jatim 2025; ketiga, pembangunan tempat penampungan sementara; keempat, penanganan banjir kawasan Soekarno-Hatta.

Kelima, penataan lahan parkir Kayutangan; keenam, pengembangan MCC dan usaha mikro; ketujuh, rehabilitasi sekolah SD dan SMP; kedelapan, bantuan sosial terpadu; kesembilan, realisasi anggaran; kesepuluh, optimalisasi PBB; kesebelas, rehabilitasi Alun-alun Merdeka.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Iwan Pimpin Rakor Persiapan LSDP 6 Daerah Pilot Project

Pj Wali Kota Iwan menyebutkan sebelas isu tersebut merupakan hal penting yang perlu mendapatkan perhatian dan penanganan yang serius untuk memajukan Kota Malang.

“Sebelas isu ini kami anggap prioritas, bukan berarti hanya itu. Tetapi ini setelah selama satu bulan melakukan komunikasi koordinasi dengan perangkat daerah untuk belanja masalah terhadap beberapa isu yang kami anggap prioritas,” terangnya usai Agenda Penjelasan KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2025, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Malang, Selasa 10 Setember 2024.

BACA JUGA:Raih Penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2024, Pj Wali Kota Malang Ajak Wujudkan Reformasi Birokrasi Berdampak

Selain itu, serapan isu juda diperoleh dari beberapa kegiatan, hasil roadshow dan kunjungan ke perangkat daerah, audiensi dengan para tokoh masyarakat, dengan organisasi, memasukkan diskusi perangkat daerah, maupun media.

Kegiatan prioritas yang banyak menjadi diskusi dalam agenda ini adalah rehabilitasi SD dan SMP, bantuan sosial terpadu, dan pembangunan TPS di Kota Malang. Pembangunan TPS ini menjadi sejalan dengan komitmen Pemkot Malang untuk menanggulangi permasalahan sampah di Kota Malang.

"Terkait TPS, ada 51 yang perlu kita intervensi. Kita coba pilot-kan supaya ada treatment khusus, sarana kita siapkan, treatmen perilaku masyarakatnya kita dorong, pengawasan dilakukan dengan CCTV kita lihat. Nah, nantinya itu yang akan menjadi pilot," beber Pj Wali Kota Iwan. 

Kategori :