Noval Kejutkan Lintasan Triathlon, Sabet Emas dengan Selisih 5 Menit

Selasa 10-09-2024,21:49 WIB
Reporter : Endradi Prayogo
Editor : Ferry Ardi Setiawan

ACEH TENGAH, MEMORANDUM.CO.ID - Kejutan besar terjadi di lintasan triathlon Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 Aceh-Sumatra Utara, Selasa 10 September 2024. 

BACA JUGA:Atlet Downhill Asal Lumajang Tambah Koleksi Emas untuk Jawa Timur di PON XXI Aceh

Wakil Jatim Muhammad Noval Assidiq yang turun di di nomor standart distance secara mengejutkan jadi yang tercepat pada lomba yang digelar di Dermaga Alfitrah, Keramat Mupakat, Bebesen, Aceh Tengah tersebut.

BACA JUGA:Tumbangkan Lampung 10-0, Tim Hockey Indoor Putri Jatim Buka Peluang Perebutan Emas PON XXI Aceh-Sumut 2024

Noval meraih emas setelah menyentuh garis finish dengan catatan waktu 2 jam 2 menit. Sedangkan perak diraih atlet andalan Jabar, Aryandra Fauzi Maulidin yang encatat waktu tempuh 2 jam 7 menit, dan perunggu direbut Jauhari Johan dari Sumatera Selatan (2 jam 12 menit).

BACA JUGA:ITT Borong Emas, Balap Sepeda Mantapkan Jatim di Puncak Klasemen

Ketua Umum Pengprov Federasi Triathlon (FTI) Jatim Anastasia Kirana, mengaku sangat terkejut dengan  prestasi itu. Apalagi Noval sebelumnya tidak diprediksi meraih emas. 

"Ini adalah PON pertama bagi Noval dan kami cukup terkejut ia dapat emas. Noval juga baru berlatih triathlon 1,5 tahun," katanya.

BACA JUGA:Warga Aceh Antusias Hadiri Pembukaan PON XXI 2024

Anastasia Kirana berharap keberhasilan Noval meraih emas di hari pertama penyelenggaraan triathlon memicu semangat atlet Jatim untuk terus mendulang emas. 

BACA JUGA:Lampaui Target, Tim Balap Sepeda MTB Jatim Sabet 4 Emas di PON XXI 2024 Aceh-Sumut

"Peningkatan Noval luar biasa dan selama ini ia sudah berlatih keras sebelum berangkat PON," katanya.

Ia juga menjelasakan kalau selama ini, atlet-atlet triathlon Jatim menjalani latihan di Situbondo yang secara geografis, cuaca dan kelembapan mirip dengan kondisi di Aceh Tengah saat ini. 

BACA JUGA:Bulutangkis Beregu Putra-Putri Jatim Buka Peluang Lolos Semifinal PON XXI Aceh-Sumut 2024

"Hasil ini membuat kami kian optimistis merealisasikan target tiga emas dari KONI Jatim. Tapi, dengan emas yang diraih Noval harapan kami bisa empat emas," katanya. (epe)

Kategori :