Pemkab Ngawi Siapkan Rp 1,5 Miliar untuk Bangun Tiga Screen House

Senin 29-07-2024,22:31 WIB
Reporter : Biro Ngawi
Editor : Ferry Ardi Setiawan

NGAWI, MEMORANDUM - Pemerintah Kabupaten Ngawi tahun ini menyiapkan anggaran Rp 1,5 miliar untuk proyek pembangunan tiga screen house di wilayah setempat. 

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Tanaman Pangan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Ngawi Franky Ardian Febrian Wardana menjelaskan, pembangunan screen house untuk meningkatkan produktivitas pertanian, terutama beberapa komoditas hortikultura. 

BACA JUGA:Penjual dan Pengguna Sabu-Sabu asal Gresik Kompak Masuk Penjara

Pembangunan berada di tiga lokasi, meliputi Desa Babadan, Desa Cekopo dan Desa Hargomulyo di Kecamatan Ngrambe. 

"Anggaran bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Tahun 2024," katanya. 

Franky mengatakan, jika satu lokasi nantinya akan mendapatkan pagu anggaran senilai Rp 500 juta yang digunakan untuk bangunan fisik dan sarana produksinya. 

BACA JUGA:Kisah Alif, Pelajar Yatim Piatu Jember Lari 5 KM Setiap Pagi Demi Tetap Sekolah

Mengenai luas lahan untuk bangunan screen house sesuai dengan petunjuk teknis yang diterima dari Kementerian Pertanian  minimal berukuran 300 meter persegi. 

BACA JUGA:Di Hadapan Dahlan Iskan, Bupati Arifin Tawarkan Investasi ke Trenggalek

Konsep pembangunan akan menggunakan kerangka screen house bahan galvanis juga bagian atas screen house menggunakan plastik UV karena memiliki daya tahan yang tinggi terhadap cuaca, sehingga dapat melindungi tanaman dari hujan dan panas. 

BACA JUGA:93.031 Jiwa di Ngawi Rawan Krisis Air Bersih

"Hingga saat ini proses tahapan sudah dilakukan lelang di bagian pengadaan barang dan jasa Setda Ngawi," pungkasnya. (*)

Kategori :