Miliki Nilai Jual Tinggi, Ini Keunggulan dan Manfaat Batu Badar Besi Semeru Khas Lumajang

Senin 29-07-2024,14:25 WIB
Reporter : Biro Lumajang
Editor : Fatkhul Aziz

LUMAJANG, MEMORANDUM - Kabupaten Lumajang, Jawa Timur memiliki kekayaan alam yang melimpah. Selain penghasil pasir besi terbesar dengan kualitas yang terbaik di Indonesia, Kota Pisang ini juga memilik Batu Badar Besi Semeru yang saat ini menjadi buruan bagi para penggemar. 

Batu Badar Besi Semeru merupakan batu andesit material vulkanik dari letusan purba Gunung Semeru yang terhampar dan terendap di dua kali laharan yang ada di Lumajang, diantaranya Kali Menjangan dan Kali Asem. 

Batuan ini juga memiliki kandungan besi yang cukup tinggi sehingga bisa menempel ke maghnet. 

"Jadi Batu Badar Besi Semeru ini mempunyai kadar atau mineral besi, dan dia bisa menempel ke maghnet," kata Talents sekaligus Brand Ambassador Batu Badar Besi Semeru, Alfian Sardula Kelana saat dikonfirmasi di sela kegiatannya, di Sungai Lereng Semeru Kecamatan Senduro, Senin (29/7/2024).

BACA JUGA:Wali Kota Madiun Buka Festival Batu Mulia Nusantara

Batu ini memiliki motif yang bervariasi dengan corak berwarna hitam pekat disertai serat jala kuning ke emasan, serat jala putih maupun perak. Kemudian ada juga pamor-pamor yang lain seperti pusar bumi, urat tunggal perak maupun urat tunggal merah. 

Ditambah lagi, kekuatan alam yang terkandung dalam batu ini juga diyakini memiliki energi positif dan dapat menetralisir energi-energi negatif. Jadi tak heran banyak penggemar yang tertarik dengan keunikan dari Batu Badar Besi Semeru khas Lumajang tersebut. 

"Intinya adalah batuan ini diyakini bisa digunakan untuk perlindungan, karena memang punya energi alam yang kuat dari gunung sakral Semeru," terangnya. 

Batu Badar Besi Semeru bisa dibuat menjadi beragam aksesoris, seperti cincin/akik, gelang, kalung maupun liontin. Nilai jualnya pun juga terbilang begitu fantastis, Ini karena batuan tersebut tergolong langka dan sulit didapatkan. 

BACA JUGA:Motif Pembunuhan Pasutri Ngantru Sakit Hati Jual Beli Batu Mulia

"Untuk harga kita bandrol mulai Rp100 ribu hingga belasan juta, ini tergantung langka enggaknya material batu Badar Besi Semeru itu sendiri," ujarnya.

Alfian Sarkel berharap, Batu Badar Besi Semeru tersebut bisa menjadi ikon atau batu kebanggaan bagi masyarakat Lumajang dan sekitarnya. 

"Harapan kedepan, saya bersama teman teman Komunitas Batu Badar Besi Semeru Lumajang, Pinginnya nanti batu ini menjadi ikon atau batu kebanggaan bagi warga Lumajang dan sekitarnya, terutama untuk teman-teman muda harus bangga memakai batu Badar Besi Semeru," pungkasnya.(Ags)

Kategori :