Gedung Arsip Kantor Pertanahan Jember Diresmikan, Sinergi Tingkatkan Pelayanan Masyarakat

Kamis 25-07-2024,07:31 WIB
Reporter : Biro Jember
Editor : Muhammad Ridho

JEMBER, MEMORANDUM - Gedung Arsip Kantor Pertanahan ATR/BPN Kabupaten Jember diresmikan dalam sebuah acara yang dihadiri oleh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur Lamri A.Ptnh, SH, MH, Wakil Bupati Jember KH. MB Firjaun Barlaman, dan Kepala Kantor Pertanahan ATR/BPN Jember Dr Ahkyar Tarfi, S.Sit, MH.

Peresmian gudang dua lantai ini menandai komitmen bersama antara BPN dan Pemkab Jember untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dalam bidang pertanahan. Gedung baru yang berada di Jl. Nusantara, Kelurahan/Kecamatan Kaliwates, diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat proses pengurusan sertifikat dan dokumen lainnya terkait tanah.

"Dengan berdirinya gedung arsip di tanah hibah dari pemerintah daerah jember seluas tanah 5.745 M² ini, kita dapat meningkatkan keamanan dan pengelolaan aset pemerintah dan masyarakat dengan lebih baik," ujar Dr. Ahkyar Tarfi dalam sambutannya.

BACA JUGA:Kepala Kantor Pertanahan Jember Lantik 8 Kepala Desa sebagai Panitia Ajudikasi PTSL 2024

BACA JUGA:Kantor Pertanahan Jember Beralih ke Sertifikat Elektronik: Era Baru Pelayanan Tanah yang Aman dan Efisien

Lebih lanjut, beliau menyampaikan bahwa pembangunan gedung arsip dua lantai seluas bangunan 500 M² dipercepat pengejaannya dari rencana 5 bulan, hanya 3 bulan 5 hari, yang mengunakan anggaran pusat merupakan langkah awal untuk mewujudkan kantor lebih representatif dan pelayanan yang lebih prima.

"Semoga kedepannya, kita bisa mendapatkan anggaran untuk membangun gedung utama/kantor pelayanan yang lebih modern dan nyaman bagi masyarakat," harapnya.

Sementara Musholla/Masjid seluas 15 X 15 m2 depan gedung masih dalam taraf pembangunan dengan dana non APBN/APBD namun menggunakan dana donatur/saweran.

BACA JUGA:Kepala BPN Jember Raih Gelar Doktor dengan Disertasi tentang Pembagian Tanah Pascaperjanjian Helsinki

BACA JUGA:BPN Jatim Gandeng Komisi II DPR RI Sukseskan Penyelesaian 2,8 Juta Bidang Sertifikat Tanah Program PTSL

Ditempat yang sama Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur Lamri A.Ptnh, SH, MH, menerangkan Tentunya berdirinya gedung arsip ini dalam upaya mengamankan arsip aset milik pemerintah dan masyarakat.

"Dan mudah-mudahan dengan berdirinya gedung arsip bisa memberikan makna dan kemudahan kelancaran serta mempercepat layanan masyarakat. Telah kita ketahui bersama sejak 19 Juli lalu telah dilaunching se Kabupaten/kota seluruh jawa timur melaksanakan pembuatan sertipikat elektronik. 

Tentunya berkat kolaborasi pemerintah daerah dengan BPN Jember dan dukungan masyarakat, bisa segera mewujudkan kabupaten yang lengkap tentu sengketa tanah sudah tidak ada lagi, selain itu bisa meningkatkan ekonomi dan masyarakat sejahtera.

BACA JUGA:Kisah dan Pesan Mantan Wakil Bupati Jember KH Abdul Muqit Arif, Mudik ke Madura dengan Selamat.

BACA JUGA:PMII Jember Minta Bupati dan Wakil Bupati Amanah dan Mampu Beri Manfaat untuk Rakyat

Tags :
Kategori :

Terkait