Siswa SD hingga SMP di Kota Madiun Ikuti Pawai Taaruf

Kamis 18-07-2024,14:48 WIB
Reporter : Biro Madiun
Editor : Fatkhul Aziz

MADIUN, MEMORANDUM - Pemerintah Kota (Pemkot) Madiun berkolaborasi dengan Kementrian Agama (Kemenag) Kota Madiun menggelar pawai taaruf dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah. Dengan tema Semangat Hijrah Untuk Menyongsong Nusantara Baru Indonesia Baru, pawai ini digelar di Ngrowo Bening Edu Park Kota Madiun dengan diikuti 1.080 siswa SD dan SMP, Kamis 18 Juli 2024.

"Sebenarnya kegiatan ini dilaksanakan di awal suro. Tapi, karena bersamaan dengan rangkaian kegiatan suroan maka diundur jadi hari ini," ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Madiun, Eddy Supriyanto.

Eddy mengatakan, kegiatan tersebut tak hanya memperingati tahun baru Islam, namun juga sebagai sarana edukasi bagi anak-anak untuk selalu menjaga tali silaturahmi, menjaga persatuan, dan kerukunan. Pun, berbarengan dengan mulai membentuk karakter dan akhlak si anak. Mengingat, peserta yang mengikuti pawai taaruf terdiri dari pelajar SD hingga SMA.

"Nantinya mereka akan menerima estafet pemimpin saat ini. Makanya, kami siapkan mereka menjadi generasi Indonesia Emas," katanya.

BACA JUGA:Pecahkan Rekor Dribble 1223 Bola Basket, Pemkot Madiun Raih Penghargaan MURI

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Kemenag Kota Madiun, Munir menyatakan, pawai taaruf bisa dimaknai dengan hijrah atau perubahan. Sehingga diharapkan dapat merubah Kota Madiun menjadi semakin lebih baik daripada sebelumnya.

"Hari ini harus lebih baik dari kemarin, hari esok harus lebih baik dari sekarang. Karena, itu prinsip yang diajarkan oleh Rasul kita Nabi Muhammad SAW," jelasnya.

Dengan adanya pawai taaruf, Munir berharap, dapat mempererat tali silaturahmi serta ukuwah persaudaraan antar umat muslim. Juga, meningkatkan siar Islam di Kota Madiun serta menumbuhkan rasa cinta dan bangga terhadap Agama Islam.(aji/mas)

Kategori :