Mengapa Orang Mudah Tersinggung? Inilah Beberapa Faktor yang Mendasarinya

Mengapa Orang Mudah Tersinggung? Inilah Beberapa Faktor yang Mendasarinya

Rasa tersinggung merupakan hal yang wajar, namun jika berlebihan, hal ini dapat mengganggu hubungan dan kualitas hidup.-Ilustrasi Pixabay.-

MEMORNADUM - Pernahkah Anda bertemu dengan orang yang mudah tersinggung? Atau bahkan Anda sendiri merasa mudah tersinggung akhir-akhir ini? Rasa tersinggung merupakan hal yang wajar, namun jika berlebihan, hal ini dapat mengganggu hubungan dan kualitas hidup. 

Faktor-faktor yang Menyebabkan Orang Mudah Tersinggung adalah sebagai berikut.

1. Ketidakamanan

Orang yang mudah tersinggung seringkali memiliki rasa tidak aman yang tinggi. Mereka mungkin merasa tidak dihargai, dikritik, atau diancam. Hal ini dapat membuat mereka mudah tersinggung oleh kata-kata atau tindakan yang sebenarnya tidak dimaksudkan untuk menyakiti.

2. Stres 

Ketika seseorang sedang stres, mereka lebih mudah marah dan tersinggung. Hal ini karena stres dapat meningkatkan hormon stres seperti kortisol, yang dapat membuat orang lebih reaktif dan impulsif.

BACA JUGA:Mbois, Rider Push Bike Kota Malang Berlaga di Event Internasional

3. Kurang Tidur 

Kurang tidur dapat membuat orang lebih mudah marah dan sulit berkonsentrasi. Hal ini dapat membuat mereka lebih mudah salah paham dan tersinggung oleh orang lain.

4. Gangguan Mental Tertentu 

Beberapa gangguan mental, seperti depresi, kecemasan, dan gangguan bipolar, dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mudah tersinggung.

5. Trauma Masa Lalu 

Trauma masa lalu, seperti pelecehan atau pengabaian, dapat membuat orang lebih mudah tersinggung dan sensitif terhadap kritik.

Mudah tersinggung adalah sebuah masalah yang dapat dihindari. Karena sejatinya tersinggung itu diterima bukan diberi. Jika seseorang tidak menganggap suatu hal itu sebagai ketersinggungan, maka orang tersebut tidak akan tersinggung. (Aril Pandu Utama/mg 9)

Sumber: