Perebutan Juara 3 Piala Asia U-23 2024, Irak Kalahkan Indonesia dengan Skor 2-1

Perebutan Juara 3 Piala Asia U-23 2024, Irak Kalahkan Indonesia dengan Skor 2-1

Perebutan Juara 3 Piala Asia U-23 2024, Irak Takluk Indonesia dengan Skor 2-1--

DOHA, MEMORANDUM - Perebutan juara ke-3 di ajang Piala Asia U-23 2024 antara Indonesia vs Irak berjalan seru. Kedua tim bermain ngotot sepanjang 90 menit dan berakhir 1-1. Namun di extra time 2x15 menit, Irak berhasil mencetak gol dan membuat Irak menang dengan skor 2-1.

Dibabak pertama kedua tim bermain imbang. Indonesia berhasil unggul terlebih dahulu melalui tendangan keras Ivar Jenner menit ke-19 sebelum mampu disamakan tandukan Zaid Tahseen pada menit ke-27.

Dibabak kedua Indonesia mendapatkan peluang melalui Marselino Ferdinan pada menit ke-54. Sayang tendangan Marselino masih belum menemui sasaran. 

Dua menit berselang giliran Irak yang mendapatkan peluang emas. Kali ini tendangan spekulasi jarak jauh Ali Jasim yang masih tipis di kanan tiang gawang Ernando Ari. 

BACA JUGA:Perebutan Juara 3 Piala Asia U-23 2024, Indonesia vs Irak Masih Imbang 1-1

Pada menit ke-72, Jeam Kelly mendapatkan peluang emas yang mampir saja membuat Indonesia unggul. Tapi tendangannya masih tipis diatas mistar gawang. 

Satu menit berselang Indonesia hampir saja kebobolan. Berawal dari counter attack cepat Ernando Ari hampir saja membuat blunder dengan ragu-ragu maju kedepan. Untung saja Nathan berhasil menyapu bola hasil tendangan Nihad yang hampir saja masuk kegawang. 

Pada menit ke-83, Indonesia menciptakan peluang berbahaya melalui serangan balik cepat. Rafael Struick yang melakukan tusukan disisi kiri memberikan umpan ke Witan. Namun sayang sontelan Witan masih belum sempurna dan bisa ditangkap penjaga gawang. 

Ernando Ari membuat penyelamatan gemilang pada menit ke-88. Sundulan keras Ridha Fadhil berhasil ditepis dengan baik oleh kiper Persebaya tersebut. 

Dimasa injury time babak kedua, Irak hampir saja mencetak gol. Berawal dari skema tendangan bebas, pemain Irak berhasil menanduk bola dwngan keras. Sayangnya masih tipis dikanan gawang Ernando Ari. 

Peluang tersebut menjadi peluang terakhir di 90 menit waktu normal dan dilanjutkan di babak extra time 2x15 menit karena kedua tim bermain imbang 1-1.

BACA JUGA:Perebutan Juara Ke-3 Piala Asia U-23 2024 Indonesia vs Irak, Rio Fahmi Yakin Timnas Lolos Olimpiade Paris

Pada extra time pertama, Irak berinisiatif menyerang dan hasilnya pada menit ke-96 berhasil mencetak gol melalui kaki Ali Jasim. Terlepas dari posisi offside Jasim berhasil menaklukan Ernando Ari. 

Gol Jasim tersebut menjadi gol terakhir dan membuat Irak mennag dengan smor 2-1 dan menjadi peringkat ketiga di Piala Asia U-23 2024. Dengan kemenangan tersebut membuat Irak lolos ke Olimpiade Paris 2024. Sedangkan Indonesia harus menjalani playoff menghadapi wakil Afrika Guinea pada 9 Mei 2024 mendatang. (rid)

Sumber: