Sabet WTP Ke-13, Pj Wali Kota Wahyu Sebut Hasil Kerja Keras

Sabet WTP Ke-13, Pj Wali Kota Wahyu Sebut Hasil Kerja Keras

Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika, Kepala BPK RI Perwakilan Jatim HM Karyadi dan Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat dalam prosesi penerimaan predikat WTP.-Biro Malang Raya-

SIDOARJO, MEMORANDUM - Pemkot Malang kembali menerima predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk yang ke-13 kalinya, secara berturut-turut. 

Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2023 tersebut diberikan Kepala BPK RI Perwakilan Jawa Timur HM Karyadi SE MM Ak CA CFrA CSFA dan diterima langsung Pj Wali Kota Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM bersama Ketua DPRD Kota Malang I Made Riandiana Kartika SE MM, di Sidoarjo, Kamis 2 Mei 2024.

BACA JUGA:Mbois, Rider Push Bike Kota Malang Berlaga di Event Internasional

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menyampaikan rasa syukur atas raihan tersebut. 

“Alhamdulillah, ini tahun ke tiga belas kita berturut-turut dalam mempertahankan predikat opini WTP. Tentu merupakan capaian yang membanggakan dan berkat kerja keras yang baik dari seluruh elemen di Pemkot Malang dalam menyajikan laporan keuangan yang akuntabel serta transparan,” ujarnya.

BACA JUGA:Golkar Siapkan Poros Baru Usung Bayu Airlangga di Pilwali Surabaya

Makna WTP dalam 'kacamata' Wahyu cukup penting. Baginya, predikat ini menjadi komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah sehingga setiap APBD dan setiap rupiah betul-betul terasa manfaatnya oleh Masyarakat.

Sejumlah indikator harus dipenuhi guna mempertahankan predikat tersebut. Seperti aspek kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan (SAP), kecukupan pengungkapan (adequate disclosure), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas Sistem Pengendalian Intern (SPI). 

BACA JUGA:Kader Golkar: Bayu Airlangga Layak Pimpin Kota Surabaya

Predikat WTP diberikan oleh auditor BPK apabila laporan keuangan entitas yang diperiksa telah menyajikan data secara wajar dan sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum di Indonesia.

Pj Wali Kota Wahyu juga mengapresiasi sinergi dari seluruh pemangku kepentingan serta dukungan dari DPRD dalam pelaksanaan fungsi pengawasannya.  DIharapkan, kinerja tersebut terus ditingkatkan.

“Saya ucapkan terima kasih dan ini merupakan apresiasi atas kinerja pengelolaan keuangan Pemkot bersama dengan DPRD, yang tentunya ke depan akan lebih mengeratkan barisan dalam membangun budaya pengelolaan keuangan yang semakin akuntabel dan transparan dalam penggunaan APBD, juga hal pendukung lainnya yang harus terus ditingkatkan," terangnya.

BACA JUGA:Anak Buah Gembong Narkoba Fredy Pratama Ngaku Sering Diminta ke Money Changer

Pj Wali Kota Wahyu berterimakasih atas peran BPK yang senantiasa mendorong kinerja pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan daerah. 

Sumber: