Peraturan F1 2024 Apa Saja yang Berubah?

Peraturan F1 2024 Apa Saja yang Berubah?

Peraturan F1 2024 Apa Aja Yang Berubah ?--twitter.com/F1/media

MEMORANDUM - Musim Formula 1 2024 sudah di mulai dan membawa banyak perubahan yang menjanjikan musim yang penuh kejutan dan persaingan.

Meskipun regulasi teknis masih sama dengan 2022, ada beberapa modifikasi signifikan yang berpotensi mengubah jalannya kejuaraan.

- 24 Kalender Balapan
Musim 2024 akan menjadi rekor baru dengan 24 Balapan. Hal ini menunjukkan popularitas F1 yang meningkat, namun menimbulkan kekhawatiran tentang keberlanjutan dan kesejahteraan kru.

- Format Sprint Diubah
Balapan sprint akan mengalami perubahan format. Semisal Grid terbaik akan ditentukan dari 10 besar kualifikasi, dan jadwal akhir pekan akan diubah untuk meningkatkan kesenangan bagi penggemar.

- Larangan Tire Blanket
Penggunaan tire blanket akan dilarang, yang dapat meningkatkan risiko kecelakaan saat keluar pit. Hal ini memicu kontroversi di antara pembalap, dengan beberapa merasa seperti mengemudi di atas es, sedangkan FIA dan pimpinan F1 yakin ini akan meningkatkan karakteristik ban.

- Fokus pada Pendinginan pembalap dan Penghematan Ban
FIA akan fokus pada pendinginan pembalap dengan regulasi baru, dan alokasi ban diubah untuk menghemat 2 set ban per mobil.

- Larangan Pengembangan Teknis 2026 hingga 2025
Tim dilarang mengerjakan tantangan teknis 2026 hingga 2025, mendorong fokus pada persaingan di 2024 dan era baru 2026.

Akankah perubahan-perubahan ini berhasil meningkatkan persaingan dan menghadirkan kejutan baru?

Musim panas 2024 akan menjadi puncak perbincangan kontrak, dengan banyak pembalap top seperti Perez, Sainz, Norris, dan Ocon kemungkinan akan berganti tim.

Perubahan ini membawa potensi besar untuk mengubah jalannya musim. Masa depan Perez di Red Bull juga menjadi pertanyaan besar. (mg20)

Sumber: