Dramatis, Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Kalahkan Korea Selatan

Dramatis, Indonesia Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Kalahkan Korea Selatan

Dramatis, Indonesia lolos semifinal Piala Asia U-23.--

MEMORANDUM- Dramatis, Timnas Indonesia berhasil menembus semifinal Piala Asia U-23 2024 usai mengalahkan Korea Selatan. Garuda Muda menyingkirkan Korsel usia menang dalam adu penalti dengan skor 11-10. Sebelumnya dalam waktu normal plus 2x15 menit extra time, kedua tim bermain imbang 2-2.

Pertandingan Korea Selatan vs Indonesia pada perempatfinal Piala Asia U-23 2024 berlangsung di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat 26 April 2024 pukul 00:30 dini hari. 

BACA JUGA:Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Tekad Timnas untuk Lolos Olimpiade Paris

Pada awal babak pertama negeri Gingseng tersebut sempat mencetak gol ketika laga baru berjalan 8 menit. Lee Kang-hee menyambar bola rebound dari luar kotak penalti yang tak mampu dibendung Ernando.

Namun sayang, gol tersebut kemudian dianulir wasit Shaun Evans usai meninjau VAR. Pasalnya ada salah satu pemain Korea Selatan berada dalam posisi offside.

BACA JUGA:Xavi Hernandez Jelaskan Perubahan Arah Barcelona: Proyek Belum Selesai

Indonesia berhasil memecah kebuntuan. Rafael Struick mencetak gol indah lewat dari luar kotak penalti yang bersarang ke pojok kiri atas gawang Baek Jong-Beom. Skor 1-0 untuk Garuda Muda. 

Usai gol tersebut Indonesia bermain lebih leluasa sementara Korea Selatan bermain lebih hati-hati dan hanya mengandalkan serangan balik. 

Indonesia hampir saja menambah keunggulan di menit ke-31. Kerja sama umpan pendek Struick dan Marselino Ferdinan membongkar lini belakang Korsel. Namun, tembakan Marselino di depan gawang masih melebar disisi kanan gawang. 

Korsel berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-45+1. Sundulan Eom Ji-sung mengenai kepala Komang Teguh. Bola yang berbelok arah tak mampu diantisipasi dengan baik oleh Ernando. Skor sama kuat 1-1.

Tersentak Indonesia merespo, Rafale Struick berhasil mencetak brace pada menit ke-45+4. Struick bisa memanfaatkan kesalahan pemain belakang dan kiper Korsel sehingga bisa menceploskan bola ke gawang Baek.

Struick punya kesempatan mencetak hattrick menjelang jeda babak pertama. Sontekan dari tendangan Wian Sulaeman masih bisa ditepis Baek dan menghasilkan sepak pojok. 

Skor 2-1 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga babak pertama usai. 

Dibabak kedua, Korea Selatan mulai meningkatkan serangan untuk menyamakan kedudukan. Namun korea Selatan masih kesulitan membongkar pertahanan Indonesia. Sementara itu Indonesia bermain lebih menunggu dan melakukan serangan balik cepat. 

Sumber: