Tips Mencuci Baju Thrift Agar Aman dan Nyaman Ketika Digunakan

Tips Mencuci Baju Thrift Agar Aman dan Nyaman Ketika Digunakan

baju thrift tersebut sangat mungkin mengandung kuman atau bakteri karena kita tidak tahu bagaimana pemilik sebelumnya menyimpan dan merawat baju tersebut.--Freepik

MEMORANDUM - Berburu baju bekas atau baju thrifting kini sudah sering dilakukan anak muda untuk memenuhi kebutuhan fashion.

Banyaknya pakaian dengan merk atau brand terkenal adalah alasan utama bagi orang orang membeli pakaian di toko thrifting, ditambah lagi dengan harga yang jauh lebih murah dari pada beli yang baru.

Namun terkadang kekurangan membeli baju thrift adalah kita harus benar benar cermat dalam memperhatikan produk dari segala aspek sebelum membeli.

Hal yang perlu diperhatikan saat membeli baju thrift adalah selain mengecek keaslian brand dengan memperhatikan label baju,

tetapi juga keadaan baju agar terhindar dari barang yang sobek, noda, jahitan yang tidak bagus serta bau dan kotor.

Lalu setelah kamu telah menentukan pakaian dan lanjut membeli hal selanjutnya yang kamu harus lakukan saat sudah di rumah adalah segera mencuci baju tersebut sebelum digunakan, agar dapat terhindar dari reaksi alergi terhadap iritasi dan bahan kimia.

BACA JUGA:Cari Barang Branded Murah Berkualitas di Thrifting

BACA JUGA:10 Tips Membuka Toko Thrift Sendiri: Peluang Bisnis yang Menjanjikan

Ditambah lagi baju thrift tersebut sangat mungkin mengandung kuman atau bakteri karena kita tidak tahu bagaimana pemilik sebelumnya menyimpan dan merawat baju tersebut.

Berikut adalah tips mencuci baju thrift agar aman dan nyaman ketika digunakan:

1.    Memeriksa Label Baju
Pada label baju biasanya terdapat informasi tentang kandungan serat kain dan petunjuk pembersihan, dengan memeriksa label anda bisa tahu cara merawat baju tersebut dengan baik.

Tapi jika label baju tersebut sudah hilang, kamu perlu mencari tau sendiri jenis kain pada baju tersebut, karena berbeda jenis kain beda pula cara mencuci dan merawatnya.

2.    Gunakan Air Panas
Untuk mencuci pakaian bekas cara yang paling efektif dan sering dilakukan adalah dengan menggunakan air panas untuk merendam baju dalam waktu 15 sampai 30menit untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang ada di baju tersebut.

Tapi perhatikan juga jenis kain karena ada beberapa jenis kain yang akan rusak bila direndam dengan air panas, untuk itu dapat kamu siasati dengan merendam dengan air hangat dengan durasi yang cukup lama.

3.    Gunakan Antiseptik
setelah direndam menggunakan air panas, langkah selanjutnya bisa menggunakan antiseptik untuk kembali merendam baju di air yang baru.

Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada lagi kuman maupun bakteri yang tersisa pada baju thrift tersebut.

Namun pastikan tidak merendam baju tersebut melebihi 10 menit karena cairan antiseptik berisiko membuat warna baju jadi luntur.

BACA JUGA:Thrifting, Solusi Modis dan Ramah Lingkungan untuk Koleksi Baju Import dan Aesthetic

4.    Tambahkan Pewangi Pakaian
Untuk menghilangkan bau apek pada baju tammbahkan pewangi pakaian agar baju kembali harum dan segar saat dipakai.

Kamu hanya perlu kembali merendam baju yang sudah direndam air panas dan cairan antiseptik ke dalam campuran air yang sudah diberi pewangi pakaian selama 30 menit, selain membuat harum pewangi pakaian dapat membuat tekstur baju menjadi lembut dan mudah disetrika.

5.    Cuci Menggunakan Detergen
Setelah melalui proses perendaman untuk menghilangkan bakteri serta kuman dan menghilangkan bau apek dari baju, gunakan detergen untuk mencuci pakaian agar dapat menghilangkan noda.

Jangan lupa untuk menyesuaikan detergen dengan jenis kain baju thrift yang kamu miliki, hal tersebut berguna untuk menghindari kerusakan baju ketika dicuci, lalu untuk pengeringan kamu bisa menjemur dengan panas matahari seperti biasa.

Seperti itulah cara mencuci baju thrift agar aman dan nyaman ketika digunakan. Untuk merawatnya anda hanya perlu mencucinya seperti biasa namun tetap perhatikan detergen apa yang anda gunakan agar baju anda tidak rusak dan warna tidak mudah luntur. (mg18)

Sumber: