Polres Jember Beri Peluang Disabilitas dan Peraih Prestasi Bidang Keagamaan dalam Perekrutan Calon Bintara

Polres Jember Beri Peluang Disabilitas dan Peraih Prestasi Bidang Keagamaan dalam Perekrutan Calon Bintara

Para Calon Bintara Serahkan Persyaratan administrasi-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Polres Jember membuka peluang bagi penyandang disabilitas yang berprestasi di bidang akademik, non akademik, dan keagamaan untuk mengikuti proses seleksi penerimaan calon anggota Polri (Calon Anggota Polri). Hal ini merupakan komitmen Polres Jember untuk menyelenggarakan perekrutan Calon Anggota Polri yang bersih, transparan, dan akuntabel.

Kapolres Jember, AKBP Bayu Pratama Gubunagi, melalui Kabag SDM Kompol Nurmala, menjelaskan bahwa kategori disabilitas yang berprestasi di bidang akademik meliputi peringkat 5 besar Olimpiade Sains Tingkat Provinsi yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek RI dan seluruh peserta Olimpiade Sains Nasional yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek RI.

Perekrutan sekarang meliputi beberapa katagori Bintara polisi tugas umum (PTU), Bintara Berkopentensi Khusus (Bakomsus) dan Bintara Rekrutmen Proaktif (Repro) ada kelompok disabilitas.

Juara Olimpiade Sains ini meliputi bidang studi Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.

BACA JUGA:Seleksi Penerimaan Calon Anggota Polri, Polres Jember Terapkan Sistem Clear and Clean

Sedangkan untuk prestasi non akademik, kategori disabilitas yang berprestasi meliputi atlet yang pernah mengikuti PON, POPNAS, SEA GAMES, dan ASIAN GAMES, serta direkomendasikan oleh Kemenpora RI.

Namun, tidak semua olahraga bisa mengikuti, hanya olahraga beladiri (pencak silat, judo, karate, gulat, tinju, kempo, taekwondo, wushu, anggar, tarung derajat), menembak, renang, selam, dan atletik (lari sprint, lari jarak pendek, lari jarak menengah, lari jarak jauh, fari estafet, lari gawang, jalan cepat). Selain itu, Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Nasional juga termasuk dalam kategori ini.

Di bidang keagamaan, kategori yang berprestasi meliputi juara 1, 2, atau 3 MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur'an) dan MQK (Musabaqah Qira'atil Kutub), Jambore Nasional Agama Hindu, Utsawa Dharma Gita (Agama Hindu) serta Sippa Dhamma Samajja (Agama Budha) tingkat provinsi yang diselenggarakan oleh Kemenag.

"Paling tidak memiliki prestasi minimal tingkat provinsi pada bidang keagamaan Kristen Protestan dan Katholik, sesuai rekomendasi dari Kemenag," tandas Nurmala.

BACA JUGA:Jalan Lintas Gumitir Kembali Retak, Kapolres Jember Cek Langsung dan Imbau Pengguna Jalan Berhati-hati

Bagi penyandang disabilitas yang berminat untuk mengikuti proses seleksi penerimaan Calon Anggota Polri, dapat menghubungi dan menyerahkan adminitrasi persyaratan ke Polres Jember.(edy)

Sumber: